Friday 10 July 2009

Solo Batik Carnival


padahal uda tinggal di Solo dari tahun 2005, tapi baru tau kalo Solo itu kota yang indah akhir2 ini.. Solo itu kota yang kecil tapi ada 2 keraton disini yaitu keraton kasunanan dan keraton mangkunegaran. jarak 2 keraton ini cuma sekitar 15-20 menit naik motor. kalo dideket keraton kasunanan ada pasar klewer, Pusat grosir solo (PGS), Beteng, dan kalo malam ada Galabo yang nyediain makanan khas Solo (nb: galabo ini ada di jalan raya yang diapit sama PGS + beteng yang sejajar di sebelah kanan jalan dan benteng vastenburg yang ada disebelah kiri jalan. makanya jalan raya nya ditutup) pemberitahuan aja ni, kalo harga makanan di Galabo lumayan mahal padahal rasanya biasa2 aja. mungkin karena yang dibeli bukan cuma makanan, tapi suasananya..

trus, kalo di keraton mangkunegaran, gak jauh dari sana ada pasar ngarsopuro yang baru dibangun tahun 2009 dan menjual banyak barang elektrik. dan malamnya ada night market yang menjual bernagai macam barang dan pake jalan raya juga. kalo kata pak Jokowi (walikota Solo), karena Solo Sumber daya alam nya terbatas, makanya segi pariwisata memanfaatkan lahan yang ada. Galabo n night market salh satunya. (salah dua nya ding! hehe..)
salah tiga nya ni, (maksudnya??) ada Solo Batik Carnival. jadi, rombongan karnaval jalan sepanjang jalan slamet riyadi dengan menggunakan kostum yang bahan dasarnya batik. keren2 dan unik2. serem juga si kalo dandananya pake bawa keris segala..hoho.. yup, karena Solo kota budaya, so harus melestarikan budaya yang ada. Batik Solo kan uda terkenal sampe ranah internasional lho..

Solo Batik carnival, diadain akhir bulan juni 2009.. dan akan diadain 1 tahun sekali sama dinas kebudayaan dan pariwisata pemkot Solo. apresiasi dari masyarakat Solo luar biasa. masyarakat uda nunggu dari jam 12-an di sepanjang jalan slamet riyadi walaupun rombongan baru lewat jam3-an. padahal siang di Solo itu panaaasss banget. tapi ada kebahagiaan tersendiri mungkin ketika masyarakat dari berbagai desa berbondong2 bersama keluarga berkumpul di jalan kota.. Jadi kebayang ada di kota kecil di Eropa atau amerika yang suka ngadain festifal tahunan juga..

Solo bisa jadi lebih keren,. jadi cinta ni ama Solo, tapi tetep cinta Jakarta..

No comments:

Post a Comment