Tuesday, 25 December 2012

sangat ingin mendaki gunung

gambar diambil dari google.
cuma bisa nulis aja, sangat ingin mendaki gununnnggggg..
soalnya, based on the experience bebrapa kali naik bukit, -bukit nya di bold, bukan gunung- itu cuma berani naik, tapi ga berani turuunnn.. hehe :D
akhirnya, tas dibawain temen, tangan dipegang, pelan2, dan akhirnya ngerepotin. well, itu ga ok sama sekali. Gak keren. 

tapi yaa..naik gunung itu banyak banget mafaatnya. soal disiplin, soal usaha, soal sehat, soal  kebersamaan, soal kegigihan, soal mental. dan yang terpenting soal bersyukur, tafakur..bahwa Allah itu Maha Besar dengan segala ciptaannya. siapa yang ga merinding bisa berdiri diatas awan, melihat jauh pandangan kedepan yang begitu luas, dan menyadari bahwa manusia sangatlah kecil.. kalo uda kaya gini lupa deh sama yang namanya sombong. >> bener ga ya? paragraph ini sebatas angan dan bayangan, hehe.. belum pernah berdiri diatas awan, kalopun pernah ada didalem pesawat, duduk manis. jadi cukup agak inget bentuk awan dari dekat dan yang tidak akan pernah terlupa adalah waktu naik pesawat sore jkt-solo, the wonderful moment bisa liat secara jelas deretan dieng, merapi, merbabu dalam nuansa senja dari atas..

semenjak itulah saya- yang sebelumnya ga pernah ingin naik gunung karena ngebayangin ribetnya dulu- bertekad bahwa suatu saat saya harus naik gunung. tapi kapaannn?? waktu zaman SMA ikutan acara anak pecinta alam, itupun cuma ke air terjun, iya sih medannya terjal tapi itu bukan gunung. bukit. Kalo zaman kuliah S1 pernah outbond ke sekipan, itu juga karena ada acara yang sepertinya wajib untuk diikuti para muslimah, dan sekipan itu bukit. 

Bulan desmber di tahun 2012 ini, tiba2 saya sangat ingin naik gunung. sangat ingin. dan itu adalah motivasi terkuat yang bakal bisa mengalahkan segala keraguan dan ketakutan. Dan ternyata semesta mendukung, tiba2 ada pamflet acara naik gunung ke merapi, yang panitianya saya kenal.. Saat alam fikir dan alam nyata bertemu maka yang terjadi adalah mimpi yang terwujud. Tapiii..alam nyata itu terlalu kompleks. secara sederhana, saat rencana yang disiapakn sudah sedemikian matang dan ternyata ada keluarga dekat yang datang kerumah bersama 3 anaknya yang masih kecil, makaa alam nyata akan memaksa anda untuk masuk ke dalam alam fikir agar merevisi bahwa mimpi itu lebih baik untuk tidak terwujud dalam waktu dekat. bahwa mimpi anda bisa terwujud dengan baik jika alam nyata betul2 sedang baik kepada anda. Secara lebih sederhana, saya tidak jadi ke merapi karena kakak saya datang darii lampung ke solo 1 keluarga..dan saya harus menyambutnya dengan sepenuh cinta dan tenaga :D  selain itu, masih ada keraguan sii naik gunng, itu kan tim yaa..nanti bisa jadi repot dan terlambat gara2 satu orang..hehe..

Adik saya, dari kemarin ngajakin nonton 5 cm. Ngajakin versi adik saya adalah minta dibayarin. well, karena pesona keindahan gunung itu masih menari2 dikepala saya akhirnya saya mengiyakan ajakan nya untuk nonton 5 cm. dan setelah nonton apa yang terjadii? saya jadi bertekad untuk rajin olahraga biar bisa mendaki gunung dan mentafakuri kebesaran Allah SWT lebih dekat. Semeru. The best picture that I've seen. Savana yang terbentang luas, hamparan awan yang begitu putih, dan langit yang begitu biru.. Subhanallah. Walaupun di film itu agak2 aneh karena 2 peran pemain nya masih cantik sampai puncak semeru..hehe, mungkin krn film jd disempet2in make up yaa.. selain itu cerita nya agak sinetron-sinetron gimana gituu..ada cinta yg bertepuk sebelah tangan sii..hehe.. Tapi diluar itu semua, kerinduan saya pada keindahan gunung agak sedkit tersampaikan karena pengambilan gambar Semeru di film 5 cm. Dan dialog yang paling saya ingat dari film ini adalah dialog riani ke genta dalam perjalanan mendaki di semeru sambil melihat hamparan savana dgn latar semeru: "terima kasih ya genta sudah ngajak kita ke sini, gw akan menceritakan ke anak-anak bahwa mama nya pernah ke semeru..">> Iman memang tidak dapat diwarisi tapi keberanian dapat diwarisi ke anak cucu dengan menceritakannya.

Whatever that's....Salut untuk para pemain, kru, para pencinta alam, dan siapa pun yang bisa mencapai puncak dan menyapa awan dari dekat. Kalian sangat keren ^.^v

Dan saya, sampai saat ini hanya bisa mengambil gambar Merapi dari jarak 60 KM-dari depan rumah..
ok,untuk sekarang itu sudah cukup bg saya..bukankah kunci kebahagiaan itu adalah bersyukur dan bersabar ^,^
suatu saat...saya akan menyapa gunung dan menjabat awan dari dekat.. Insyaallah.

merapi dilihat dari solo. 

Sunday, 23 December 2012

Hari Ibu bagi saya itu..

Inilah yang membuat saya sekitar tahun 2008 (semester 5) memutuskan untuk membuat blog dan komitmen untuk rajin menulis. saat dimana saya membaca blog ibu-ibu hebat yang kreatif dan inovatif. Ibu-ibu itu memposting resep-resep, menuliskan tips2 dunia masakan, menceritakan pengasuhan anak, walaupun saat kita membaca terbayang kerepotannya, tapi tidak terbaca keluhan disana, melainkan pelajaran, yang tidak pernah kita dapat di bangku perkuliahan manapun. tanpa teori yang berbellit, tanpa kata-kata yang konstruktif, tanpa metodologi yang baku, semua mengalir, natural, dan rill. energi positif dari tulisan sederhana yang menular cepat, menghilangkan seketika segala resah dan merubahnya menjadi keoptimisan. Bahwa setiap hidup kita mempunyai cerita masing2, jalani saja, entah suka ataupun duka, semua pasti ada hikmahnya.

Bisa bayangkan, untuk masak aja itu sudah cukup repot, belum pekerjan rumah yang lain, cucian baju, cucian piring, menyapu, mengelap, dll.. waalupun ada yang membantu tetap aja repot juga. Tapii..masih sempatnya berbagi hikmah dengan memposting tulisan2 di blog. percayalah, itu butuh waktu dan tenaga juga ditengah lelahnya setelah berjibaku seharian.
Ibu-ibu itu, terlalu menginspirasi.. dan tak pernah ingin mata ini melewatkan 1 kata pun dalam tulisan-tulisannya.
 
Bagi saya... Setiap hari itu adalah hari Ibu untuk semua ibu hebat di seluruh dunia.
semoga menjadi amal jariyah para Ibu sebagai bekal di akhirat kelak..

merindukan seorang ibu blogger hebat di Ohio, USA yang tak lagi terdengar kabarnya.. masih tersimpan rapih messege2ny di email..semoga mba roro dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT.. quote nya yang masih ada di blognya sampai sekarang adalah "because share means care.."

dan hari ini saya belajar di rumah bu ariesta mikdar gunawan di Kuwait. dan menemukan resep cilok yang akan segera saya buat :)
jazakillah bu ita.. semoga segala kebaikan kembali kepada Ibu dan keluarga..
 
resep cilok bisa ditengok di sini:
 
Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
400 ml air mendidih atau santan encer panas
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang cincang halus
50 gr keju cheddar dipotong dadu kecil
2 buah sosis potong kecil-kecil

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:
1. CILOK: campur menjadi satu tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, daun bawang dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas sedikit-sedikit kedalamnya. Jangan semua air langsung dituangkan yaa...untuk jumlah air bisa kurang atau lebih tergantung daya serap tepung. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis, jika adonan sudah tidak lengket ditangan juga tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya.
2. Ambil sejumput adonan dan pipihkan, isi dengan keju cheddar atau sosis..bentuk bulat seukuran kelereng. Lakukan hingga adonan habis dipulung bulat, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan.
3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
5. Taruh cilok dalam wadah yang bersih, lalu tuangkan sambel kacang..aduk hingga cilok bercampur rata dengan sambel kacang. Tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas manisnya.
 
dn ini adalah cilok hasil eksperimen saya :D
 
lumayan enak, dan resep bumbu kacangnya nyaris mirip bumbu somay bandung ^.^v
 

Saturday, 22 December 2012

jamur 'super' :D crispy

it's really really crispy alias keras... hehe... tapi kok cepet banget abiss..
Tidak sulit untuk mendapatkan jamur tiram sekarang ini, mungkin karena sudah banyak yang membudidayakan apalagi dengan teknologi pangan yang semakin maju sehingga tidak terlalu sulit untuk memproduksi. Konsumen jamur tiram ini juga cukup banyak dan sekarang juga banyak restoran khusus pengolahan jamur yang cukup ramai dkunjungi. Untuk vegetarian, jamur ini bisa menjadi alternatif konsumsi ayam.. Dan untuk ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur, jamur bisa menjadi subsitusi pemenuhun vitamin dari sayur, anak-anak juga cukup suka karena tekstur jamur hampir sama seperti ayam. 

Menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian, kandungan gizi jamur tiram terdiri atas protein rata-rata sebanyak 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Bila diukur berat kering kandungan proteinnya 19-35%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, susu sapi 25.2%.
Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu (1)lisin (2) metionin (3) triptofan (4) threonin (5) valin (6) leusin (7) isoleusin (8) histidin dan (9)fenil alanin. 72% lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh, sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol maupun gangguan metabolism lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.
Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium dan Magnesium yang mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jamur tiram kandungannya lemah sehingga jamur aman dikosumsi setiap hari. (http://organikganesha.com/2009/10/05/kandungan-gizi-jamur-tiram-pangan-masa-depan-yang-lezat-dan-sehat-baik-untuk-anti-kolesterol-dan-anti-kanker/)


Dan yang paling penting harga jamur tiram ini tidak terlau mahallll.. hehe. 1kg berkisar Rp.10.000- 12.000. untuk 1 rumah yang isinya 4 orang, cukuplah beli 1/2 kg seharga Rp.5.000-6.000. dan itu bisa jadi banyak.  (Hemat ittu penting karena bagian dari pola hidup sehat. hehehe)

Karena ada 3 keponakan usia SD di rumah, akhirnya bikin jamur crispy tapi jangan sampe kaya yang dijual di luar, cepet lembek..karena jamur kan kandungan airnya cukup banyak. berhubung ada tepung tapioka, tepung beras, maizena, dan panko, maka percobaan dimulaii..

bahan:
1/2 kg jamr tiram utuh 
tepung tapioka 1 gelas kecil
tapung beras 1 gelas kecil
tepung maizena 1/2 gelas kecil
bawang putih 2 siung
garam secukupnya
kaldu bubuk (optional, ga pake lebih sehat)
air secukupnya
tepung panko 
minyak goreng

cara:
tepung  tapioka, tepung beras, dan tepung maizena dicampur jadi satu tambhkna bawng putih yang telah dihaluskan, garam, dan air sampai cair (agak kental).
celupkan jamur ke adonan tepung, kemudian ke tepun panko, celupkan ke adonan tepung lagi dan tepung panko lagi (2x)
lakukan sampai jamur habis kemudian goreng samapi coklat keemasan.

happy cooking ^_^ 
sebenarnya untuk bebrapa jam jamur crispy ini masih crispy (tidaklembek) tapi kayanya ga sampe setengah jam, uda habis duluan.. :D

Tuesday, 4 December 2012

Kroket 'gandum'

awalnya pasti ga kebayang ya kroket gandum itu gimana... tapi bener deh rasanya hampir mirip kentang, buatnya lebih mudah dan yang pasti lebih ekonomis. Jadinya bisa sekalian banyak bisa disimpan di kulkas dan digoreng mendadak..awet sampe 5 hari, simple kan kalo ada tamu..
Resep ini dikasih temen pelatihan tata boga, namanya mba ida, beliau biasa catering snack.. jadi valid lah insyaallah.. saya juga uda nyoba, dan banyak juga yang suka karena teksturnya memang ga seberat kentang..

Bahan:

  1. terigu 1/4 kg disangrai 5-8 menit (hati2 bawahnya gosong)
  2. ayam bagian dada1, direbus dengan air 75 ml (2,5 gelas), suwir2
  3. 1 sachet kecil susu bubuk full cream campur air kaldu 75 ml (penting: jgn pake SKM karena terlalu manis)
  4. tepung panko yang kuning 1/4 kg lebih dikit
  5. bawang bombay 1 iris kecil
  6. pala bubuk 1 sdt atau 1/2 pala utuh yang telah dihaluskan dan diberi air
  7. merica halus 1sdt
  8. gula 1 ons/ 4-5 SDM
  9. garam 1/2 sdt (jangan banyak2 karena resep asli pantang garam)
  10. royco ayam 1
  11. margarin 1 sachet 200 gr
  12. telur kuning 4 untuk adonan
  13. telur putih 4 dan 5 SDM air dikocok untuk lumuran panko
  14. minyak goreng

Cara:
  1. tumis bawang bombay dalam 200 gr mentega, masukan ayam sampai harum.
  2. masukan pala, merica, garam, gula, royco, dan susu yang sudah dicampur kaldu.
  3. sebelum mendidih masukan kuning telur. 
  4. setelah agak mendidih masukan terigu yang telah disangrai sampai kaals (bisa dibentuk)
  5. matikan apai dan selagi adonan panas, langsunbg cetak bulat.  untuk adonan 1/4 tepung bisa menjadi 40-50 buah.
  6. celupkan ke telur putih, celupkan ke tepung panko, celupkan lagi ketelur, dan ke tepung panko lagi (2x pelapisan)
  7. masukan ke dalam kulkas minimal 1 jam untuk mendapat hasil renyah
  8. goreng dan sajikan..
Mudah, cepat, hemat, dan yang pasti sehat dan enak, insyaallah..

Karena kalo masak sendiri itu kan kita bisa tahu bahan apa yang kita gunakan, dari selektif soal minyak goreng, kesegaran bahan yang digunakan, kebersihan pencucian bahan, dan yang pasti kehalalan nya.. untuk gula bisa kok diganti dengan gula rendah kalori dan hasilnya menurut saya lebih enak karena tidak terlalu manis berlebihan asal takarannya pas ^,^

Save our health for the future..


bolu kukus santan pisang

Mumpung pagi2 bisa dirumah dan cucian baju sudah dikerjakan kemarin jadi bisa ngerjain PR postingan2..hehhe. Alhamdullilah, walaupun hal kecil, kalo bersyukur itu bisa jadi kebahagiaan yang tiada terkiraa :)

Jadi sudah lamaaa banget pengen bikin bolu kukus tapi pake santan karena biasanya pake air soda. Karena ada kelapa di frezeerr..dan bahan2 cukup lengkap dirumah.. beraksi deh. Apalgi ada pisang panen sendiri ~anti pestisida..

Bahan:
pisang 6 buah 
santan kental 1 gelas
telur 5
gula 3/4 gelas
tepung terigu 1,5 gelas
tepung maizena 2 sdm
garam 1/2 sdt
emulsifier 1 sdt
BPDA 1 sdt
vanilla extract
pandan pasta
mentega/margarin 75 gr
minyak goreng 25 ml

Cara:

  1. kocok telur, gula, galam emulsifier samapi berjejak dengan kecepatan tinggi. istilahnya samapi jambuk petruk, jadi kalo uda kelitaan kaku, coba diangkat sedikit dengan adukan mikser apakah bisa membentuk jambul atau masih cair..
  2. setelah itu masukan terigu dan BPDA yang telah diayak aduk lipat dengan solet
  3. masukan mentega yang telah dilelehkan dengan minyak (kalo sudah dingin ya)
  4. terakhir masukan santan dan aduk samapi tercampur rata.
  5. bagi 2 adonan, 1 tambahkan vanilla, 1 adoanna lagi tambahkan pandan.
  6. setelah dandang mendidih dan tutupnya dilapisi serbet, masukan adonan putih, tunggu 5-7 menit, masukan pisang dan adonan hijau..
  7. lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan, angkat dan hidangkan
oiya, kemarin kayanya tepung terigunya kurang jadi agak buyar.. di coba aja tepung terigunya 2 gelas..

Happu cooking ^,^

cream soup

Oiya, ini resep cream soup versi saya.. full sayur dan ga terlalu kental..

Bahan:
Wortel 1 buah potong kotak kecil
jagung manis 1
makaroni 1 ons yang telah diresbus
susu full cream/ UHT 1 gelas (jgn SKM bcause it's sugar not milk)
telur1 kocok lepas
ayam bagian dada 1 potong2 setelah direbus dengan campuran bawang seledri
kaldu ayam 2-3 gelas 
bawang bombay 1 potong
bawang putih 3
bubuk pala 1 sdt
merica halus 1 sdt
gula secukupnya
garam secukupnya
mentega untuk menumis
teriggu 1 sdm
maizena 1 sdm larutkan dengan air

Cara:

  1. tumis bw bombay, bawang putih dalam mentega samapi harum kemudian masukan terigu. 
  2. masukan kaldu, ayam, wortel, dan jagung sampai mendidih dan sayuran empuk.
  3. masukan susu, dan makaroni tunggu samapi mendidih lagi.
  4. masukan gula, garam, merica, pala.
  5. terakhir masukan air maizena dan telur.
  6. Angkat dan hidangkan dengan taburan daun seledri
Paling enak kalo dimakannya masih hangat, setelah sholat maghrib, bareng keluarga, apalgi pas hujan...

Enjoy ur family time, happy cooking ^,^

cream soup macaroni tanpa wortel, hehe..

chocolate 'forest'


Kemarin sy liat youtube tentang pembuatan chocolate cake yg cukup bikin 'shock'. *hehe lebay. ya gimana ga aneh kan, jadi campuran tepung terigu, BP, cocoa powder dicampur susu UHT, minyak, dan 5 telur. setelah tercampur dan adonan agak2 padat, dimasukkanlah AIR PANAS mendidih yang cukup banyak sehingga menjadi 3 loyang. tapi jadi chocolate cake yang moist bangeettt.. lembut banget teksturnya.
 AIR PANAS sampe di capslock, karena saya taunya campuran adonan bolu itu kalo ga susu, air soda, atau santan. 
Namanya cuma liat youtube, akhirnya ya cuma ngeliat aja kannn.. efeknya otak berputar dan kaki bergegas ke dapur cek bahan, ada apa aja.. hehehe..alhamdullilah hampir lengkap, cuma kurang DCC dan cocoa powder..

Jam 7 malam meluncur ke toko bahan kue, dan akhirnya beli pasta beberapa warna gara2 keinget rainbow cake. Nyampe rumah tanya keponakan lagi, enaknya bikin chocolate cake atau rainbow cake ya?? dan ia pun menjawab, jangan plin plan dong.. hehehe *anak kelas 6 SD menyarankan agar orang dewasa itu punya sikap :D

Berdasarkan imaginasi tahapan resep  dan tanpa timbangan saya pun membuat chocolate cake yang berakhir harus dengan campuran air panas.

Bahan:
1 gelas tepung protein rendah
1/2 gelas maizena
1/2 gelas cocoa powder
1 sdt BPDA (Baking powder double acting)
1 sdt emulsifier
5 kuning telur
5 putih telur
garam 1 sdt
6 SDM gula rendah kalori tropican* slim
chocolate pasta 1 sdt
vanilla extract 1sdt
margarin 100 gr
minyak goreng 50 ml
DCC 50 gr (Coklat blok)
Susu Anlen* plain 3 sendok
1 SDM Gula rendah kalori
Air panas 3/4 gelas

cara:

  1. 5 kuning telur dikocok dengan kecepatan tinggi, tambahkan gula 1 SDM, dan emulsifier 1/4 sdt sampe berjejak. Di tempat yang terpisah, kocok putih telur, 5 SDM gula, emulsifier 1/4 sdt, garam 1 sdt dengan kecepatn tinggi sampai berjejak. Campur adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur aduk rata jangan lama2.
  2. diatasnya, ayak 1 gelas tepung protein rendah, 1/2 gelas maizena, 1/2 gelas cocoa powder, 1 sdt BPDA dan aduk rata2 dengan metode aduk lipat. gunakan solet dan tidak perlu dimikser.
  3. margarin 100 gr, minyak goreng 50 ml, dan DCC 50 gr yang telah dicairkan dan didinginkan dicampurkan ke adonan tepung dan telur.
  4. Susu Anlen* plain 3 sendok, 1 SDM Gula rendah kalori, di campur Air panas 3/4 gelas dan langsung tambhakan ke adonan diatas aduk sampai tercampur rata.
  5. terakhir, tambhakan chocolate pasta 1 sdt dan vanilla extract 1sdt
  6. masukan ke loyang yang telah dilapisi kertas roti, mentega, dan terigu
  7. Panggan dalam oven yang telah dipanaskan sekitar 30-40 menit. lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan.
  8. Tinggal dihias dengan kreativitas dan bahan yang tersedia. heheh..,  bisa dengan lapisan coklat dari coklat blok yang dilelehkan dan taruh ceri atau chocochips..
ps: kata keponakan saya jadinya kaya brownies kukus (padahal di oven..hehe)

Happy cooking :)

*Karena berkata itu terkadang lebih baik dengan kata kerja, maka saya membuatkan cake ini untuk yang hari lahirnya 3 Desember..(tapi cuma liat fotonya aja ya jadinya :D) heheh.. Yang penting, Selamat hari lahiirrr.. semoga disisa umur yg semakin berkurang bisa semakin bermanfaat untuk manusia dan untuk bumi sebagai bekal di akhirat kelak. Selamat berjuang, semoga tercapai semua cita... Yakinlah, semesta mendukung! ^,^


Thursday, 29 November 2012

photography and nature

Disekitar kita ada bagian dari alam yang indah, tak begitu terlihat, mungkin karena itulah ia menjadi indah.
Atau karena kita tidak bisa menjadikannya indah sehingga ia betul2 tak terlihat?
Let’s go green..
Jangan sampai anak-cucu kita hanya bisa melihat gambar dan mendengar cerita tentang lezatnya buah mangga yang kaya vitamin namun tak dapat merasakan manisnya karena tak ada lagi buah mangga didunia ini karena memang tak ada lagi pohonnya.
Kita harus memperjuangkan agar anak cucu kita masih bisa merasakan manisnya buah-buahan, masih bisa menghirup udara bersih, dan tentunya masih bisa mengambil gambar keindahan alam pada masanya.
Mereka bisa membandingkannya dengan gambar –gambar keindahan alam pada masa orang tua dan nenek moyangnya dahulu, yang ternyata masih sama lestari nya, bahkan lebih lestari! ^^


“karena mengabadikan alam dalam sebuah gambar adalah bagian dari melestarikan alam lingkungan..”

just take

 =========================================================================
 =========================================================================

Saturday, 17 November 2012

pelatihan Boga (lanjutan)

cuma mau upload foto aja ^^
ini foto sebelumnya... klik

brownies yang rasa dan teksturnya hampir mirip amanda

bolu kukus yang berhasil ketawa :D

kue keringzigzag, yang ada strategi penumpukan adonannya agar warna nya selang seling

lidah kucing pake keju tapi aroma pisang :)

nastar gulung~ kayanya lebih bagus kalo bentuk nya setengah lingkaran ya :)

kue kering kacang 

onde2 ketawa sebelum digoreng

setelah digoreng, onde2 nya bener2 ketawa :D

roti unyil yang cukup empuk

cara pencampuran adonan zebra cake biar ngezebra

zebra cake yang gak begitu zebra

cake ketan hitam (oven)

roti kasur aneka rasa

gerubi

kue kaca mata/ mata roda.. 

lapis surabaya...

cake ketan hitam (kukus)

sponge cake (adonan putih dan kuning telur dikocok pisah)

watermelon cake

watermelon cake juga

loyang untuk bisa kecetak segitiga cake watermelon :)

Friday, 16 November 2012

cili-cilipa di pagi hari

pagi hari di depan rumah, akhir2 ini jadi my favourite place utk hunting2 foto.. ^,^ v


















Thursday, 15 November 2012

Tips And Strategies For The IELTS Test (Bahasa Indonesia Version)

Pendahuluan

International English Language Tesing System (IELTS) muncul karna adanya kebutuhan , diantara universitas, sekolah, pemerintahan dan perusahaan untuk sebuah tes Bahasa Inggris yang diakui secara internasional. Sekarang ini, sebuah nilai IELTS yang sudah ditentukan sebelumnya merupakan syarat untuk murid asing yang akan masuk sekolah, Akademi dan universitas di banyak Negara barat. Kebanyakan Negara yang menggunakan Bahasa Inggris sekarang mengharuskan sebuah nilai IELTS tertentu untuk orang-orang yang sedang melakukan proses Visa kerja, keresidenan atau kewarganegaraan .

IELTS sekarang telah menjadi suatu bisnis besar. Tiap minggu, diseluruh dunia, puluhan ribu orang mengikuti tes sedemikian, dimana tiap2 tes mempunyai tujuan pendidikan maupun tujuan perpindahan Negara tinggal. Ini bukan suatu yang mengejutkan, oleh karena itu, kursus2 yang bertujuan untuk mempersiapkan murid untuk tes ini bermunculan dimana-mana. Pada saat kualitas dari kursus persiapan IELTS ini sangat variatif dari satu sekolah ke sekolah yang lain ada beberapa strategi yang sederhana yang tetap ada dalam sebuah kursus persiapan IELTS yang paling sederhanapun. Walaupun agak sulit untuk menyoroti semua tips dan strategi untuk tes ini (beberapa kursus menawarkan durasi 100 jam), artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran besar strategi umum yang harus diketahui oleh seorang kandidat tes, sebelum ia mengikuti tes tersebut.

Tes IELTS memiliki 4 komponen; Mendengar/listening (30 menit ), Membaca/reading (1 jam), Menulis/writing (1 jam) and Berbicara/speaking (12-15 menit). Secara keseluruhan, untuk menyelesaikan tes sekitar 3 jam.

Ada dua macam (modul) dari There are two varieties (modules) of the IELTS tes IELTS. MOdul General training (GT) adalah tes yang digunakan untuk keperluan visa atau untuk masuk ke sekolah tingkat SMA di luar negeri. Module Akademik adalah untuk masuk ke tingkat universitas. Bagian Listening dan speaking dari modul2 tersebut, hampir sama, dan bagian writing dan reading untuk modul GT lebih sederhana. Dalam artikel ini, modul Akademik akan lebih dalam dijelaskan. Pertama, beberapa strategi umum untuk setiap bagian tes. First, some strategies common to all sections of the tes.

Strategi UmumGeneral Strategies

Baca atau dengar instruksi dengan seksama. Banyak kandidat adalah murid sekolahan atau lulusan perguruan tinggi, dan karena sudah sering mengikuti berbagai macam tes, mereka merasa bahwa membaca instruksi dalam sebuah tes adalah buang waktu. Ini adalah suatu kesalahan besar dalam mengikuti tes IELTS. Singkatnya, kandidat yang tidak mengikuti instruksi dengan benar selalu memberikan jawaban yang salah. Ada berbagai macam instruksi yang diberikan dalam ke empat komponen tes, termasuk ‘jawab dengan menggunakan kata tidak lebih dari 3 kata’ atau ‘jawab dengan menggunakan prase singkat’. Dengan instruksi yang pertama tadi, jawaban yang menggunakan 4 kalimat, seberapa tepatnya pun, adalah salah. Dan dengan instruksi yang terakhir, sebuah kalimat lengkap akan juga dianggap salah.

Atur waktu anda. Anda harus sadar akan waktu dan sadar akan posisi anda dalam tes. Dalam bagian Reading, anda punya waktu satu jam untuk menyelesaikan 3 bagian, maka jangan menghabiskan lebih dari 20 menit untuk tiap bagian. Sederhana! Dalam writing , pastikan bahwa anda tidak menghabiskan lebih dari 20 menit untuk tugas bagian pertama, dan sisakan 40 menit untuk tugas bagian kedua yang lebih penting.

Jangan panik. Kalau menurut kamu bagian dari tes ini adalah sulit, kemungkinan besar, puluhan ribu orang lainnya diseluruh dunia yang mengikuti tes ini berpikiran sama dengan kamu. Bandscore dihitung sesudah hasil dari seluruh dunia dikumpulkan dan, untuk tes yang lebih sulit, jumlah jawaban yang benar yg diperlukan akan lebih sedikit untuk mencapai band score tertentu. Kalau kamu pikir kamu telah melakan suatu bagian tes dengan kurang baik, belajarlah untuk melupakannya dan berkonsentrasi untuk bagian berikutnya. Kemungkinan kamu melakukan lebih baik dari sebelumnya adalah lebih besar, dan tidak ada gunanya kamu kuatir tentang bagian listening kalau kamu sedang mengerjakan bagian reading.

Ada satu atau dua tips dan strategi untuk membantu kamu dalam menghadapi tiap bagian dari tes.

Tes Listening (Tes Mendengar)

Orang sering kali kuatir tentang bagian ini, karena beda denga bagian reading dan writing, ini hanya satu kali kesempatan. Tidak ada kesempatan lagi untuk mendengar ulang rekaman. Jadi, kalau anda ketinggalan, hilanglah selamanya! Inilah sebabnya persiapan sebelum mendengar adalah kunci agar berhasil dalam bagian ini. Gunakan waktu anda dengan bijak. Anda diberikan waktu sekitar 30 detik untuk membaca tiap bagian sebelum mendengar rekaman, dan jangka waktu yang sama untuk memeriksa jawaban dari tiap bagian sesudah selesai mendengar. Jangan sia-siakan waktu ini.. Gunakan waktu sebelum mendengar untuk membaca instruksi dan pertanyaannya and, sangat penting ramalkan (tebak). Tebak jawaban. Tebak apa yang akan kamu dengar, siapa yang akan berbicara, dimana mereka berbicara dan mengapa ? Tebak jawabannya. Tebak bentuk kata (kata benda, kerja, sifat atau keterangan), atau tebak berdasarkan pengetahuan kamu dan petunjuk2 yang diberikan dalam pertanyaan. Pada akhir tiap bagian, gunakan waktu periksa untuk melihat apakah tebakan kamu benar, jawaban tebakan yang tidak ditulis (jangan pernah membiarkan nomer tampa jawaban/kosong dalam IELTS), penulisan, huruf besar dan grammar..

Ini adalah ide yang baik untuk menggaris bawahi kata2 penting (Keywords) dalam kalimat pertanyaan. Proses menggarisbawahi akan membantu anda untuk mendengar dan mempersiapkan anda, mungkin dilevel yang tidak anda sadari, sehingga anda bisa mengidentifikasikan pada saat diucapkan dalam suatu percakapan. Pindahkan jawaban dengan hati-hati. Pada akhir tes listening, anda akan diberikan 10 menit untuk memindahkan jawaban anda ke kertas jawaban. Lakukan ini dengan hati-hati. Gunakan kesempatan ini untuk memeriksa penulisan, grammar dan menebak jawaban yang belum terjawab.

The Reading Tes Reading (Membaca)

Sebuah pertanyaan yang sulit mempunyai bobot nilai yang sama dengan pertanyaan yang mudah. Jadi, jangan buang waktu untuk pertanyaan yang menjebak. Tinggalkan saja, kerjakan yang lebih mudah, nanti kembali lagi.

Baca instruksi dan pertanyaan2 dahulu. Selagi kamu membaca pertanyaan, garisbawahi keywords dan coba pikirkan ‘similies’ (kata yang beda tapi mempunyai arti yang sama. Kata-kata yang ada dalam bahan bacaan biasanya sebuah paraphrase dari pertanyaan tersebut. Tergantung dengan bentuk pertanyaan, gunakan teknik membaca cepat dan sepintas teks. Membaca dengan cepat teks maksudnya adalah menggerakkan mata anda keatas-bawah, kiri dan kanan teks (bukan membaca tiap baris) untuk mencari sebuah kata atau frase atau suatu informasi yang spesifik. Bayangkanlah cara kita kalau sedang mencari nama dalam buku telpon. Membaca sepintas teks adalah membaca tiap baris kalimat dengan cepat, dengan mengacuhkan kata-kata grammar dan kata-kata yang kita tidak mengerti/tau.

Tes Writing (tes Menulis)

Dalam bagian pertama, anda diharapkan untuk menyelesaikan sebuah tulisan mendeskripsikan sebuah grafik dalam waktu 20 menit, table, sebuah proses atau kombinasi dari ketiganya. Dalam bagian ke dua, anda punya waktu 40 menit untuk menulis sebuah essay akademis 250 kata. Ingat waktu. Bagian kedua lebih panjang dan lebih penting sehingga memerlukan waktu 40 menit. Jadi, pastikan anda bergerak sesuai dengan waktu.

Bagian pertama adalah tentang mendeskripsikan data dan membandingkan. Menawarkan penyebab dan alas an untuk data atau pergerakan grafik adalah buang waktu. Anda harus selalu coba untuk membandingkan data yang anda lihat, bukan hanya menuliskan informasi yang ada di depan anda. Harus sangat berhati-hati untuk membuat catatan mengenai tanggal, waktu dalam data dan menggunakan tenses yang benar.

Dalam bagian ke dua, analisa pertanyaan dengan seksama, Dalam bagian ke dua, analisa pertanyaan dengan seksama, kumpulkan ide2 anda dulu, lalu pikirkan struktur paragraph yang anda akan buat, sebelum mulai menulis. Jangan keluar jalur topic dan pastikan menyisakan 5 menit pada akhir waktu untuk memeriksa pekerjaan anda. Dengan memiliki kesadaran akan kelemahan anda dalam menulis mendorong anda untuk mengunakan waktu ini untuk memeriksa kembali pekerjaan anda secara effektif.

Penguji akan mencari 4 ketika ia memeriksa tulisan anda. Isi (Apakah anda telah menjawab pertanyaan?), Grammar (apakah grammar sudah benar, dan apakah variasi dalam struktur grammar yang digunakan?), Kosa kata (apakah kosa kata yang digunakan tepat dan cocok, penulisan benar, dan apakah kosa kata yang digunakan bervariatif?), dan kohesi/kepaduan (apakah essay mempunyai struktur yang baik, apakah sudah digunakan kata penghubung secara efekti?)

Keberhasilan dalam tes menulis memerlukan latihan. Latihan tes menulis adalah sangat perlu, karna anda akan belajar dari kesalahan yang anda buat. Kalau anda cukup beruntung untuk memiliki seorang guru yang bisa membantu anda bersiap, pastikan bawa anda menganalisa kembali hasil koreksi yang guru anda buat. Dan jangan buat kesalahan yang sama di latihan menulis berikutnya. Dalam bagian ke dua dari tes, coba untuk memberikan argumen yang seimbang. Kemukakan dua sisi argument. Kalau pendapat anda diminta, coba untuk menhadirkan dua sisi pendapat sebelum anda mengemukakan pendapat anda yang sebenarnya dengan jelas

Terakhir, tulislah dengan rapid an jelas dan buat tanda perbaikan dengan mencoretkan garis diatas bagian yang salah, daripada mengoret2nya. Tidak ada nilai untuk kerapian dan kebersihan, tapi tulisan yang kurang bagus bisa membuat penguji bersuasana hati tidak enak sehingga lebih besar kemungkinannya untuk ia memberikan nilai yang rendah untuk sebuah essay yang sebenarnya sudah lumayan!

Tes Speaking (Tes Berbicara)

Keberhasilan dalam tes berbicara berasal dari latihan dan rasa percaya diri. Rasa percaya diri adalah kunci, tapi juga sering bahwa rasa percaya ini baru muncul setelah banyak latihan. Ingat bahwa ini adalah tes berbicara, jadi berbicaralah sebanyak mungkin dan jangan hanya memberikan jawaban satu kata untuk pertanyaan. Dalam bagian ke dua, anda diharapkan untuk berbicara mengenai topic tertentu selama satu atau dua menit. Persiapkan dengan sebaiknya dengan menuliskan catatan sebanyaknya (keywords yang nanti akan membantu anda), dengan demikian meminimalisasikan resiko ‘otak kosong’ pada saat berbicara. Coba berbicara selama dua menit penuh sampai penguji meminta anda untuk berhenti, ini akan menunjukan kemampuan kemampuan anda untuk ‘lanjut terus’ dan akan menambah angka anda untuk kelancaran/kefasihan. Bagian ketiga mengandung pertanyaan abstrak,dimana bagian pertama dan kedua adalah pertanyaan tentang kamu dan topik2 yang kamu sudah familiar. Dengar dengan hati-hati pertanyaan yang diberikan, terutama dibagian ketiga dan tanggapi dengan baik. Jangan berbicara tentang diri anda dalam bagian ketiga.

Penguji akan member nilai berdasarkan 4 aspek dari kemampuan berbicara anda; ; kelancaran (kemampuan untuk terus berbicara), grammar (jenis dan ketepatan penggunaan), kosa kata (jenis dan ketepatan ) dan pelafalan. Persiapkan diri dengan mempelajari grammar dan kosa kata tapi jagan kuatir tentang grammar terlalu banyak ketika sedang tes, karna bila anda memikirkan bentuk grammar yang benar, akan mengakibatkan penurunan nilai dalam fluency (kelancaran)

Hari tes: Persiapan terakhir

Tes IELTS adalah sebuah tes yang panjang dan melelahkan. Jadi, pastikan bahwa anda tidur yang cukup dan makan pagi yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang mengandung protein adalah baik sebelum ujian, tapi sarapan yang mengandung karbohidrat harus dihindari. Jangan minum kopi terlalu banyak! Jangan melakukan revisi dimenit-menit akhir di hari ujian karna bila ternyata kamu mendapatkan hal baru, kamu akan panik dan malah akan menjadi tidak produktif. Yang paling baik kamu lakukan di jam-jam terakhir sebelum ujian adalah berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris dengan keluar dan teman, atau baca ulang essay yang telah dikoreksi. Hanya itu.

Datanglah lebih awal ke pusat tes, sehingga memberikan waktu yang cukup seandainya jalanan macet. Kenali keadaan sekitar supaya anda merasa nyaman, dan coba intip ruang tes supaya anda bisa tau apa yang harus diharapkan. Pada saat menunggu, bicaralah dalam Bahasa Inggris kepada kandidat tes lainnya supaya otak kamu sudah di ‘English mode’. Ingatlah bahwa tes IELTS ini bukanlah hal terbesar. Kalau anda belum mendapatkan nilai yang anda perlukan, anda masih bisa mengambilnya lagi…dan lagi (paling tidak sampai uang anda habis !). Bersiaplah sebaik mungkin, berlatih sebanyak mungkin dan jalani tes selangkah demi selangkah, dengan demikian kamu akan mendapatkan bandscore yang kamu perlukan dalam waktu yang singkat.

Untuk tips dan strategi yang lebih lengkap, dan untuk latihan ujian, ikutilah sebuah kursus IELTS Preparation. Di Jakarta, satu sekolah menjadi pemimpin dalam hal mempersiapkan kandidat untuk tes IELTS dengan cepat dan effektif. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti link berikut ; IELTS Jakarta

About the Author

An Indonesian translation of a recent article i wrote on the tips and strategies required for the IELTS test


egg roll

Sumber: Wati (NCC)

Bahan A:
4 btr telur
150 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier

Bahan B:
150 gr tepung terigu
2 sdm tepung sagu
1 sdt baking powder
1 sdm susu bubuk

Bahan C:
100 gr margarine, leleh

Cara Membuat:
  1. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B aduk rata, lalu tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
  2. Panaskan cetakan Egg Roll, tuang 1 sdm adonan dibagian tengah, segera tutup cetakan dan biarkan lebih kurang 5 menit hingga adonan matang.
  3. Buka cetakan, lalu gulung cake dengan bantuan sumpit. Angkat biarkan dingin, lepaskan dari sumpit. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Kemas dalam toples rapat.


Step-By-Step Membuat Eggroll

Friday, 9 November 2012

Umar r.a kpd Istrinya

Seorang laki-laki berjalan tergesa-gesa menuju kediaman Khalifah Umar bin Khatab r.a. Ia ingin mengadu pada Khalifah; tak tahan dengan kecerewetan istrinya. Begitu sampai di depan rumah khalifah, laki-laki itu tertegun.

Dari dalam rumah terdengar istri Khalifah Umar bin Khatab r.a sedang ngomel, marah-marah. Cerewetnya melebihi istri yang akan diadukannya pada Umar. Tapi, tak sepatah katapun terd
engar keluhan dari mulut khalifah. Umar diam saja, mendengarkan istrinya yang sedang gundah. Akhirnya lelaki itu mengurungkan niatnya, batal melaporkan istrinya pada Umar.

Apa yang membuat seorang Khalifah Umar bin Khatab r.a yang disegani kawan maupun lawan, berdiam diri saat istrinya ngomel? Mengapa ia hanya mendengarkan, padahal di luar sana, ia selalu tegas pada siapapun?

Umar berdiam diri karena ingat 5 hal.

1. Benteng Penjaga Api Neraka

Kelemahan laki-laki ada di mata. Jika ia tak bisa menundukkan pandangannya, niscaya panah-panah setan berlesatan dari matanya, membidik tubuh-tubuh elok di sekitarnya.

Panah yang tertancap membuat darah mendesir, bergolak, membangkitkan raksasa dalam dirinya. Sang raksasa dapat melakukan apapun demi terpuasnya satu hal; syahwat. Adalah sang istri yang selalu berada di sisi, menjadi ladang bagi laki-laki untuk menyemai benih, menuai buah di kemudian hari.

Adalah istri tempat ia mengalirkan berjuta gelora. Biar lepas dan bukan azab yang kelak diterimanya Ia malah mendapatkan dua kenikmatan: dunia dan akhirat. Maka, ketika Umar terpikat pada liukan penari yang datang dari kobaran api, ia akan ingat pada istri, pada penyelamat yang melindunginya dari liukan indah namun membakar. Bukankah sang istri dapat menari, bernyanyi dengan liukan yang sama, lebih indah malah. Membawanya ke langit biru. Melambungkan raga hingga langit ketujuh. Lebih dari itu istri yang salihah selalu menjadi penyemangatnya dalam mencari nafkah.

2. Pemelihara Rumah

Pagi hingga sore suami bekerja dan berpeluh. Terkadang sampai mejelang malam. Mengumpulkan harta. Setiap hari selalu begitu. Ia pengumpul dan terkadang tak begitu peduli dengan apa yang dikumpulkannya. Mendapatkan uang, beli ini beli itu. Untunglah ada istri yang selalu menjaga, memelihara. Agar harta diperoleh dengan keringat, air mata, bahkan darah tak menguap sia-sia Ada istri yang siap menjadi pemelihara selama 24 jam, tanpa bayaran.

Jika suami menggaji seseorang untuk menjaga hartanya 24 jam, dengan penuh cinta, kasih sayang, dan rasa memiliki yang tinggi, siapa yang sudi? Berapa pula ia mau dibayar. Niscaya sulit menemukan pemelihara rumah yang lebih telaten daripada istrinya. Umar ingat betul akan hal itu. Maka tak ada salahnya ia mendengarkan omelan istri, karena (mungkin) ia lelah menjaga harta-harta sang suami yang semakin hari semakin membebani.

3. Penjaga Penampilan

Umumnya laki-laki tak bisa menjaga penampilan. Kulit legam tapi berpakaian warna gelap. Tubuh tambun malah suka baju bermotif besar. Atasan dan bawahan sering tak sepadan. Untunglah suami punya penata busana yang setiap pagi menyiapkan pakaiannya, memilihkan apa yang pantas untuknya, menjahitkan sendiri di waktu luang, menisik bila ada yang sobek. Suami yang tampil menawan adalah wujud ketelatenan istri. Tak mengapa mendengarnya berkeluh kesah atas kecakapannya itu

4. Pengasuh Anak-anak

Suami menyemai benih di ladang istri. Benih tumbuh, mekar. Sembilan bulan istri bersusah payah merawat benih hingga lahir tunas yang menggembirakan. Tak berhenti sampai di situ. Istri juga merawat tunas agar tumbuh besar. Kokoh dan kuat. Jika ada yang salah dengan pertumbuhan sang tunas, pastilah istri yang disalahkan. Bila tunas membanggakan lebih dulu suami maju ke depan, mengaku, ?akulah yang membuatnya begitu.? Baik buruknya sang tunas beberapa tahun ke depan tak lepas dari sentuhan tangannya. Khalifah Umar bin Khatab r.a paham benar akan hal itu.

5. Penyedia Hidangan

Pulang kerja, suami memikul lelah di badan. Energi terkuras, beraktivitas di seharian. Ia butuh asupan untuk mengembalikan energi. Di meja makan suami cuma tahu ada hidangan: ayam panggang kecap, sayur asam, sambal terasi dan lalapan. Tak terpikir olehnya harga ayam melambung; tadi bagi istrinya sempat berdebat, menawar, harga melebihi anggaran. Tak perlu suami memotong sayuran, mengulek bumbu, dan memilah-milih cabai dan bawang. Tak pusing ia memikirkan berapa takaran bumbu agar rasa pas di lidah. Yang suami tahu hanya makan. Itupun terkadang dengan jumlah berlebihan; menyisakan sedikit saja untuk istri si juru masak. Tanpa perhitungan istri selalu menjadi koki terbaik untuk suami. Mencatat dalam memori makanan apa yang disuka dan dibenci suami.

Dengan mengingat lima peran ini, Khalifah Umar bin Khatab r.a kerap diam setiap istrinya ngomel. Mungkin dia capek, mungkin dia jenuh dengan segala beban rumah tangga di pundaknya. Istri telah berusaha membentenginya dari api neraka, memelihara hartanya, menjaga penampilannya, mengasuh anak-anak, menyediakan hidangan untuknya. Untuk segala kemurahan hati sang istri, tak mengapa ia mendengarkan keluh kesah buah lelah.

Umar hanya mengingat kebaikan-kebaikan istri untuk menutupi segala cela dan kekurangannya. Bila istri sudah puas menumpahkan kata-katanya, barulah ia menasehati, dengan cara yang baik, dengan bercanda. Hingga tak terhindar pertumpahan ludah dan caci maki tak terpuji. Akankah suami-suami masa kini dapat mencontoh perilaku Khalifah Umar bin Khatab r.a ini. Ia tak hanya berhasil memimpin negara tapi juga menjadi imam idaman bagi keluarganya.

sumber: majalah hadilla

Thursday, 8 November 2012

tata boga *6 tahun lalu..

Allah itu paling tahu apa yang terbaik untuk kita..
waktu saya semester 3 saat S1, sekitar tahun 2006, saya bilang ke keluarga saya kalau saya mau keluar dari fakultas hukum UNS untuk spmb lagi ambil jurusan boga di UNJ, Jakarta..
Respon keluarga saya, biasa saja..artinya biasa tidak ditanggapi. haha :D 
malah dicermahin panjang kali lebar kalo tata boga itu nnt bisa les, jadi kuliahnya dislesaian dulu. 
Karena tidak direstui, yauda..life must go on kan.. kuliah must go on juga, termasuk jadwal rapat lembaga kampus yang lebih banyak dari pada jadwal kuliah.

tapiii.. Pas saya inget2, Ibu saya itu bawain saya panci2 stainles buat di kos, lengkap sama kompor hock yang belinya dijakarta dan bawa pake kereta (padahal di solo banyak banget yang jual). dibawain juga magic com ukuran besar, teflon, sampai panci listrik. 
pernah waktu pengen banget bikin klepon, tapi karena males ke dapur, akhirnya semua cukup dilakukan di kamar. bahan lengkap, panci listrik ada, dan ternyata jadinya banyak, sebagian dibawa ke pengajian. hehehhehe..ternyata pada suka, gak tau aja mereka bikinnya gimana. haha :D maaph sodara2 insyaallah higienis.
paling sedih adalah saat idul adha gak bisa pulang, alhamdullilah ada beberapa penghuni kos yang senasib sepenanggungan jauh dari tanah rantau. akhirnya malam idul adha ngebungkus beras pake plastik dan direbus 4 jam di magic com. besok paginya..yeee punya ketupat (*plastik) buat lebaraannnnn~wlaupun gak sehat plastik itu direbus :p. sayurnya, gak harus opor kaannn.. 1 kaleng sarden dengan air yang agak banyak dan dikentalkan sedikit dengan maizena... cukup untuk 5 orang penghuni kos yang berlebaran dengan penuh kesyukuran dan kebahagiaan.. :)
yang gak saya habis fikir waktu itu saya pernah menerima pesanan sekitar 50 risoles dan 50 roti goreng rogut wortel untuk sebuah acara kampus. bukan keuntungan yang saya fikirkan saat itu, tapi hasil masakan saya bisa berhasil terlaksana dan layak makan.hehe..
prinsip saya waktu itu (dan sepertinya masih sampai sekarang), memasak masakan enak adalah bukan karena bahan dan alat yang lengkap. namun gimana dengan bahan yang ada dan alat yang terbatas, bisa jadi masakan yang dimakan bersama dengan penuh rasa syukur dan hati yang senang, insyaallah sehat dan mengenyangkan :,)

tahun ini, 2012... 6 tahun berlalu.
saya semester 3 (lagi)... dan saya bisa ikut pelatihan tataboga tanpa perlu saya bilang ke orang tua saya untuk keluar dari kuliah,,hehe.. free, full a month (19 oktober-19 november, insyaallah) semoga istiqomah..gak banyak bolos, bisa fokus, dan totalitas dlm mengikuti pelatihan.
Bahagia? jelas, Insyaallah.. walaupun lelah karena full jam8-jam2an.. belum lagi kalo piket nyuci peralatan bekas masak...trus abis itu ke kampus dengan berbagai agenda dan baru sampe rumah malam.. waaww..besok paginya insyaallah pegel2 :D
semua rasa lelah hilang kalo berhasil membuat resep2 dengan hampir sempurna, pun teman2 saya...

ini dia hasil foto 'percobaan' 2 minggu ini..

 kerupuk rambak

keripik singkong rasa gadung 

rengginang cassava 

dadar gulung pisang coklat 

kueku fantasi buah 

 bentunya kaya jambu beneran ya :)

dadar gulung cassava 

karamel cake 

donat tape singkong 

 bika ambon

 dodol pepaya

dan yang menbahagiakan juga adalah bisa satu kelompok (16 orang) dengan orang baik2, dari yang ibu2..sampai para calon ibu yang saling mengingatkan dalam ibadah, dalam kehidupan, banyak canda, tawa, walaupun semua dilakukan saat nyuci peralatan masak atau ulen2 adonan :D
2 minggu lagi.. bismillah, semoga istiqomah sampai akhir, biar purna ilmunya.. insyaallah..

lagi sama marwan yang ikut umminya, mba vina, 
setiap hari ikut belajar tata boga jugaa :D


semoga juga bisa nyelesain proposal tesis minimal memulai biar segera selesai juga tesisnyaa..
karena bahagia itu adalah saat selesai menyelesaikan dengan baik apa yang harus diselesaikan.

~Terima kasih ya Allah atas segala nikmat yang Engkau berikan.. ~