Tuesday, 25 December 2012

sangat ingin mendaki gunung

gambar diambil dari google.
cuma bisa nulis aja, sangat ingin mendaki gununnnggggg..
soalnya, based on the experience bebrapa kali naik bukit, -bukit nya di bold, bukan gunung- itu cuma berani naik, tapi ga berani turuunnn.. hehe :D
akhirnya, tas dibawain temen, tangan dipegang, pelan2, dan akhirnya ngerepotin. well, itu ga ok sama sekali. Gak keren. 

tapi yaa..naik gunung itu banyak banget mafaatnya. soal disiplin, soal usaha, soal sehat, soal  kebersamaan, soal kegigihan, soal mental. dan yang terpenting soal bersyukur, tafakur..bahwa Allah itu Maha Besar dengan segala ciptaannya. siapa yang ga merinding bisa berdiri diatas awan, melihat jauh pandangan kedepan yang begitu luas, dan menyadari bahwa manusia sangatlah kecil.. kalo uda kaya gini lupa deh sama yang namanya sombong. >> bener ga ya? paragraph ini sebatas angan dan bayangan, hehe.. belum pernah berdiri diatas awan, kalopun pernah ada didalem pesawat, duduk manis. jadi cukup agak inget bentuk awan dari dekat dan yang tidak akan pernah terlupa adalah waktu naik pesawat sore jkt-solo, the wonderful moment bisa liat secara jelas deretan dieng, merapi, merbabu dalam nuansa senja dari atas..

semenjak itulah saya- yang sebelumnya ga pernah ingin naik gunung karena ngebayangin ribetnya dulu- bertekad bahwa suatu saat saya harus naik gunung. tapi kapaannn?? waktu zaman SMA ikutan acara anak pecinta alam, itupun cuma ke air terjun, iya sih medannya terjal tapi itu bukan gunung. bukit. Kalo zaman kuliah S1 pernah outbond ke sekipan, itu juga karena ada acara yang sepertinya wajib untuk diikuti para muslimah, dan sekipan itu bukit. 

Bulan desmber di tahun 2012 ini, tiba2 saya sangat ingin naik gunung. sangat ingin. dan itu adalah motivasi terkuat yang bakal bisa mengalahkan segala keraguan dan ketakutan. Dan ternyata semesta mendukung, tiba2 ada pamflet acara naik gunung ke merapi, yang panitianya saya kenal.. Saat alam fikir dan alam nyata bertemu maka yang terjadi adalah mimpi yang terwujud. Tapiii..alam nyata itu terlalu kompleks. secara sederhana, saat rencana yang disiapakn sudah sedemikian matang dan ternyata ada keluarga dekat yang datang kerumah bersama 3 anaknya yang masih kecil, makaa alam nyata akan memaksa anda untuk masuk ke dalam alam fikir agar merevisi bahwa mimpi itu lebih baik untuk tidak terwujud dalam waktu dekat. bahwa mimpi anda bisa terwujud dengan baik jika alam nyata betul2 sedang baik kepada anda. Secara lebih sederhana, saya tidak jadi ke merapi karena kakak saya datang darii lampung ke solo 1 keluarga..dan saya harus menyambutnya dengan sepenuh cinta dan tenaga :D  selain itu, masih ada keraguan sii naik gunng, itu kan tim yaa..nanti bisa jadi repot dan terlambat gara2 satu orang..hehe..

Adik saya, dari kemarin ngajakin nonton 5 cm. Ngajakin versi adik saya adalah minta dibayarin. well, karena pesona keindahan gunung itu masih menari2 dikepala saya akhirnya saya mengiyakan ajakan nya untuk nonton 5 cm. dan setelah nonton apa yang terjadii? saya jadi bertekad untuk rajin olahraga biar bisa mendaki gunung dan mentafakuri kebesaran Allah SWT lebih dekat. Semeru. The best picture that I've seen. Savana yang terbentang luas, hamparan awan yang begitu putih, dan langit yang begitu biru.. Subhanallah. Walaupun di film itu agak2 aneh karena 2 peran pemain nya masih cantik sampai puncak semeru..hehe, mungkin krn film jd disempet2in make up yaa.. selain itu cerita nya agak sinetron-sinetron gimana gituu..ada cinta yg bertepuk sebelah tangan sii..hehe.. Tapi diluar itu semua, kerinduan saya pada keindahan gunung agak sedkit tersampaikan karena pengambilan gambar Semeru di film 5 cm. Dan dialog yang paling saya ingat dari film ini adalah dialog riani ke genta dalam perjalanan mendaki di semeru sambil melihat hamparan savana dgn latar semeru: "terima kasih ya genta sudah ngajak kita ke sini, gw akan menceritakan ke anak-anak bahwa mama nya pernah ke semeru..">> Iman memang tidak dapat diwarisi tapi keberanian dapat diwarisi ke anak cucu dengan menceritakannya.

Whatever that's....Salut untuk para pemain, kru, para pencinta alam, dan siapa pun yang bisa mencapai puncak dan menyapa awan dari dekat. Kalian sangat keren ^.^v

Dan saya, sampai saat ini hanya bisa mengambil gambar Merapi dari jarak 60 KM-dari depan rumah..
ok,untuk sekarang itu sudah cukup bg saya..bukankah kunci kebahagiaan itu adalah bersyukur dan bersabar ^,^
suatu saat...saya akan menyapa gunung dan menjabat awan dari dekat.. Insyaallah.

merapi dilihat dari solo. 

Sunday, 23 December 2012

Hari Ibu bagi saya itu..

Inilah yang membuat saya sekitar tahun 2008 (semester 5) memutuskan untuk membuat blog dan komitmen untuk rajin menulis. saat dimana saya membaca blog ibu-ibu hebat yang kreatif dan inovatif. Ibu-ibu itu memposting resep-resep, menuliskan tips2 dunia masakan, menceritakan pengasuhan anak, walaupun saat kita membaca terbayang kerepotannya, tapi tidak terbaca keluhan disana, melainkan pelajaran, yang tidak pernah kita dapat di bangku perkuliahan manapun. tanpa teori yang berbellit, tanpa kata-kata yang konstruktif, tanpa metodologi yang baku, semua mengalir, natural, dan rill. energi positif dari tulisan sederhana yang menular cepat, menghilangkan seketika segala resah dan merubahnya menjadi keoptimisan. Bahwa setiap hidup kita mempunyai cerita masing2, jalani saja, entah suka ataupun duka, semua pasti ada hikmahnya.

Bisa bayangkan, untuk masak aja itu sudah cukup repot, belum pekerjan rumah yang lain, cucian baju, cucian piring, menyapu, mengelap, dll.. waalupun ada yang membantu tetap aja repot juga. Tapii..masih sempatnya berbagi hikmah dengan memposting tulisan2 di blog. percayalah, itu butuh waktu dan tenaga juga ditengah lelahnya setelah berjibaku seharian.
Ibu-ibu itu, terlalu menginspirasi.. dan tak pernah ingin mata ini melewatkan 1 kata pun dalam tulisan-tulisannya.
 
Bagi saya... Setiap hari itu adalah hari Ibu untuk semua ibu hebat di seluruh dunia.
semoga menjadi amal jariyah para Ibu sebagai bekal di akhirat kelak..

merindukan seorang ibu blogger hebat di Ohio, USA yang tak lagi terdengar kabarnya.. masih tersimpan rapih messege2ny di email..semoga mba roro dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT.. quote nya yang masih ada di blognya sampai sekarang adalah "because share means care.."

dan hari ini saya belajar di rumah bu ariesta mikdar gunawan di Kuwait. dan menemukan resep cilok yang akan segera saya buat :)
jazakillah bu ita.. semoga segala kebaikan kembali kepada Ibu dan keluarga..
 
resep cilok bisa ditengok di sini:
 
Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
400 ml air mendidih atau santan encer panas
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang cincang halus
50 gr keju cheddar dipotong dadu kecil
2 buah sosis potong kecil-kecil

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:
1. CILOK: campur menjadi satu tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, daun bawang dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas sedikit-sedikit kedalamnya. Jangan semua air langsung dituangkan yaa...untuk jumlah air bisa kurang atau lebih tergantung daya serap tepung. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis, jika adonan sudah tidak lengket ditangan juga tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya.
2. Ambil sejumput adonan dan pipihkan, isi dengan keju cheddar atau sosis..bentuk bulat seukuran kelereng. Lakukan hingga adonan habis dipulung bulat, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan.
3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
5. Taruh cilok dalam wadah yang bersih, lalu tuangkan sambel kacang..aduk hingga cilok bercampur rata dengan sambel kacang. Tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas manisnya.
 
dn ini adalah cilok hasil eksperimen saya :D
 
lumayan enak, dan resep bumbu kacangnya nyaris mirip bumbu somay bandung ^.^v
 

Saturday, 22 December 2012

jamur 'super' :D crispy

it's really really crispy alias keras... hehe... tapi kok cepet banget abiss..
Tidak sulit untuk mendapatkan jamur tiram sekarang ini, mungkin karena sudah banyak yang membudidayakan apalagi dengan teknologi pangan yang semakin maju sehingga tidak terlalu sulit untuk memproduksi. Konsumen jamur tiram ini juga cukup banyak dan sekarang juga banyak restoran khusus pengolahan jamur yang cukup ramai dkunjungi. Untuk vegetarian, jamur ini bisa menjadi alternatif konsumsi ayam.. Dan untuk ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur, jamur bisa menjadi subsitusi pemenuhun vitamin dari sayur, anak-anak juga cukup suka karena tekstur jamur hampir sama seperti ayam. 

Menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian, kandungan gizi jamur tiram terdiri atas protein rata-rata sebanyak 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Bila diukur berat kering kandungan proteinnya 19-35%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, susu sapi 25.2%.
Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu (1)lisin (2) metionin (3) triptofan (4) threonin (5) valin (6) leusin (7) isoleusin (8) histidin dan (9)fenil alanin. 72% lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh, sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol maupun gangguan metabolism lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.
Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium dan Magnesium yang mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jamur tiram kandungannya lemah sehingga jamur aman dikosumsi setiap hari. (http://organikganesha.com/2009/10/05/kandungan-gizi-jamur-tiram-pangan-masa-depan-yang-lezat-dan-sehat-baik-untuk-anti-kolesterol-dan-anti-kanker/)


Dan yang paling penting harga jamur tiram ini tidak terlau mahallll.. hehe. 1kg berkisar Rp.10.000- 12.000. untuk 1 rumah yang isinya 4 orang, cukuplah beli 1/2 kg seharga Rp.5.000-6.000. dan itu bisa jadi banyak.  (Hemat ittu penting karena bagian dari pola hidup sehat. hehehe)

Karena ada 3 keponakan usia SD di rumah, akhirnya bikin jamur crispy tapi jangan sampe kaya yang dijual di luar, cepet lembek..karena jamur kan kandungan airnya cukup banyak. berhubung ada tepung tapioka, tepung beras, maizena, dan panko, maka percobaan dimulaii..

bahan:
1/2 kg jamr tiram utuh 
tepung tapioka 1 gelas kecil
tapung beras 1 gelas kecil
tepung maizena 1/2 gelas kecil
bawang putih 2 siung
garam secukupnya
kaldu bubuk (optional, ga pake lebih sehat)
air secukupnya
tepung panko 
minyak goreng

cara:
tepung  tapioka, tepung beras, dan tepung maizena dicampur jadi satu tambhkna bawng putih yang telah dihaluskan, garam, dan air sampai cair (agak kental).
celupkan jamur ke adonan tepung, kemudian ke tepun panko, celupkan ke adonan tepung lagi dan tepung panko lagi (2x)
lakukan sampai jamur habis kemudian goreng samapi coklat keemasan.

happy cooking ^_^ 
sebenarnya untuk bebrapa jam jamur crispy ini masih crispy (tidaklembek) tapi kayanya ga sampe setengah jam, uda habis duluan.. :D

Tuesday, 4 December 2012

Kroket 'gandum'

awalnya pasti ga kebayang ya kroket gandum itu gimana... tapi bener deh rasanya hampir mirip kentang, buatnya lebih mudah dan yang pasti lebih ekonomis. Jadinya bisa sekalian banyak bisa disimpan di kulkas dan digoreng mendadak..awet sampe 5 hari, simple kan kalo ada tamu..
Resep ini dikasih temen pelatihan tata boga, namanya mba ida, beliau biasa catering snack.. jadi valid lah insyaallah.. saya juga uda nyoba, dan banyak juga yang suka karena teksturnya memang ga seberat kentang..

Bahan:

  1. terigu 1/4 kg disangrai 5-8 menit (hati2 bawahnya gosong)
  2. ayam bagian dada1, direbus dengan air 75 ml (2,5 gelas), suwir2
  3. 1 sachet kecil susu bubuk full cream campur air kaldu 75 ml (penting: jgn pake SKM karena terlalu manis)
  4. tepung panko yang kuning 1/4 kg lebih dikit
  5. bawang bombay 1 iris kecil
  6. pala bubuk 1 sdt atau 1/2 pala utuh yang telah dihaluskan dan diberi air
  7. merica halus 1sdt
  8. gula 1 ons/ 4-5 SDM
  9. garam 1/2 sdt (jangan banyak2 karena resep asli pantang garam)
  10. royco ayam 1
  11. margarin 1 sachet 200 gr
  12. telur kuning 4 untuk adonan
  13. telur putih 4 dan 5 SDM air dikocok untuk lumuran panko
  14. minyak goreng

Cara:
  1. tumis bawang bombay dalam 200 gr mentega, masukan ayam sampai harum.
  2. masukan pala, merica, garam, gula, royco, dan susu yang sudah dicampur kaldu.
  3. sebelum mendidih masukan kuning telur. 
  4. setelah agak mendidih masukan terigu yang telah disangrai sampai kaals (bisa dibentuk)
  5. matikan apai dan selagi adonan panas, langsunbg cetak bulat.  untuk adonan 1/4 tepung bisa menjadi 40-50 buah.
  6. celupkan ke telur putih, celupkan ke tepung panko, celupkan lagi ketelur, dan ke tepung panko lagi (2x pelapisan)
  7. masukan ke dalam kulkas minimal 1 jam untuk mendapat hasil renyah
  8. goreng dan sajikan..
Mudah, cepat, hemat, dan yang pasti sehat dan enak, insyaallah..

Karena kalo masak sendiri itu kan kita bisa tahu bahan apa yang kita gunakan, dari selektif soal minyak goreng, kesegaran bahan yang digunakan, kebersihan pencucian bahan, dan yang pasti kehalalan nya.. untuk gula bisa kok diganti dengan gula rendah kalori dan hasilnya menurut saya lebih enak karena tidak terlalu manis berlebihan asal takarannya pas ^,^

Save our health for the future..


bolu kukus santan pisang

Mumpung pagi2 bisa dirumah dan cucian baju sudah dikerjakan kemarin jadi bisa ngerjain PR postingan2..hehhe. Alhamdullilah, walaupun hal kecil, kalo bersyukur itu bisa jadi kebahagiaan yang tiada terkiraa :)

Jadi sudah lamaaa banget pengen bikin bolu kukus tapi pake santan karena biasanya pake air soda. Karena ada kelapa di frezeerr..dan bahan2 cukup lengkap dirumah.. beraksi deh. Apalgi ada pisang panen sendiri ~anti pestisida..

Bahan:
pisang 6 buah 
santan kental 1 gelas
telur 5
gula 3/4 gelas
tepung terigu 1,5 gelas
tepung maizena 2 sdm
garam 1/2 sdt
emulsifier 1 sdt
BPDA 1 sdt
vanilla extract
pandan pasta
mentega/margarin 75 gr
minyak goreng 25 ml

Cara:

  1. kocok telur, gula, galam emulsifier samapi berjejak dengan kecepatan tinggi. istilahnya samapi jambuk petruk, jadi kalo uda kelitaan kaku, coba diangkat sedikit dengan adukan mikser apakah bisa membentuk jambul atau masih cair..
  2. setelah itu masukan terigu dan BPDA yang telah diayak aduk lipat dengan solet
  3. masukan mentega yang telah dilelehkan dengan minyak (kalo sudah dingin ya)
  4. terakhir masukan santan dan aduk samapi tercampur rata.
  5. bagi 2 adonan, 1 tambahkan vanilla, 1 adoanna lagi tambahkan pandan.
  6. setelah dandang mendidih dan tutupnya dilapisi serbet, masukan adonan putih, tunggu 5-7 menit, masukan pisang dan adonan hijau..
  7. lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan, angkat dan hidangkan
oiya, kemarin kayanya tepung terigunya kurang jadi agak buyar.. di coba aja tepung terigunya 2 gelas..

Happu cooking ^,^

cream soup

Oiya, ini resep cream soup versi saya.. full sayur dan ga terlalu kental..

Bahan:
Wortel 1 buah potong kotak kecil
jagung manis 1
makaroni 1 ons yang telah diresbus
susu full cream/ UHT 1 gelas (jgn SKM bcause it's sugar not milk)
telur1 kocok lepas
ayam bagian dada 1 potong2 setelah direbus dengan campuran bawang seledri
kaldu ayam 2-3 gelas 
bawang bombay 1 potong
bawang putih 3
bubuk pala 1 sdt
merica halus 1 sdt
gula secukupnya
garam secukupnya
mentega untuk menumis
teriggu 1 sdm
maizena 1 sdm larutkan dengan air

Cara:

  1. tumis bw bombay, bawang putih dalam mentega samapi harum kemudian masukan terigu. 
  2. masukan kaldu, ayam, wortel, dan jagung sampai mendidih dan sayuran empuk.
  3. masukan susu, dan makaroni tunggu samapi mendidih lagi.
  4. masukan gula, garam, merica, pala.
  5. terakhir masukan air maizena dan telur.
  6. Angkat dan hidangkan dengan taburan daun seledri
Paling enak kalo dimakannya masih hangat, setelah sholat maghrib, bareng keluarga, apalgi pas hujan...

Enjoy ur family time, happy cooking ^,^

cream soup macaroni tanpa wortel, hehe..

chocolate 'forest'


Kemarin sy liat youtube tentang pembuatan chocolate cake yg cukup bikin 'shock'. *hehe lebay. ya gimana ga aneh kan, jadi campuran tepung terigu, BP, cocoa powder dicampur susu UHT, minyak, dan 5 telur. setelah tercampur dan adonan agak2 padat, dimasukkanlah AIR PANAS mendidih yang cukup banyak sehingga menjadi 3 loyang. tapi jadi chocolate cake yang moist bangeettt.. lembut banget teksturnya.
 AIR PANAS sampe di capslock, karena saya taunya campuran adonan bolu itu kalo ga susu, air soda, atau santan. 
Namanya cuma liat youtube, akhirnya ya cuma ngeliat aja kannn.. efeknya otak berputar dan kaki bergegas ke dapur cek bahan, ada apa aja.. hehehe..alhamdullilah hampir lengkap, cuma kurang DCC dan cocoa powder..

Jam 7 malam meluncur ke toko bahan kue, dan akhirnya beli pasta beberapa warna gara2 keinget rainbow cake. Nyampe rumah tanya keponakan lagi, enaknya bikin chocolate cake atau rainbow cake ya?? dan ia pun menjawab, jangan plin plan dong.. hehehe *anak kelas 6 SD menyarankan agar orang dewasa itu punya sikap :D

Berdasarkan imaginasi tahapan resep  dan tanpa timbangan saya pun membuat chocolate cake yang berakhir harus dengan campuran air panas.

Bahan:
1 gelas tepung protein rendah
1/2 gelas maizena
1/2 gelas cocoa powder
1 sdt BPDA (Baking powder double acting)
1 sdt emulsifier
5 kuning telur
5 putih telur
garam 1 sdt
6 SDM gula rendah kalori tropican* slim
chocolate pasta 1 sdt
vanilla extract 1sdt
margarin 100 gr
minyak goreng 50 ml
DCC 50 gr (Coklat blok)
Susu Anlen* plain 3 sendok
1 SDM Gula rendah kalori
Air panas 3/4 gelas

cara:

  1. 5 kuning telur dikocok dengan kecepatan tinggi, tambahkan gula 1 SDM, dan emulsifier 1/4 sdt sampe berjejak. Di tempat yang terpisah, kocok putih telur, 5 SDM gula, emulsifier 1/4 sdt, garam 1 sdt dengan kecepatn tinggi sampai berjejak. Campur adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur aduk rata jangan lama2.
  2. diatasnya, ayak 1 gelas tepung protein rendah, 1/2 gelas maizena, 1/2 gelas cocoa powder, 1 sdt BPDA dan aduk rata2 dengan metode aduk lipat. gunakan solet dan tidak perlu dimikser.
  3. margarin 100 gr, minyak goreng 50 ml, dan DCC 50 gr yang telah dicairkan dan didinginkan dicampurkan ke adonan tepung dan telur.
  4. Susu Anlen* plain 3 sendok, 1 SDM Gula rendah kalori, di campur Air panas 3/4 gelas dan langsung tambhakan ke adonan diatas aduk sampai tercampur rata.
  5. terakhir, tambhakan chocolate pasta 1 sdt dan vanilla extract 1sdt
  6. masukan ke loyang yang telah dilapisi kertas roti, mentega, dan terigu
  7. Panggan dalam oven yang telah dipanaskan sekitar 30-40 menit. lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan.
  8. Tinggal dihias dengan kreativitas dan bahan yang tersedia. heheh..,  bisa dengan lapisan coklat dari coklat blok yang dilelehkan dan taruh ceri atau chocochips..
ps: kata keponakan saya jadinya kaya brownies kukus (padahal di oven..hehe)

Happy cooking :)

*Karena berkata itu terkadang lebih baik dengan kata kerja, maka saya membuatkan cake ini untuk yang hari lahirnya 3 Desember..(tapi cuma liat fotonya aja ya jadinya :D) heheh.. Yang penting, Selamat hari lahiirrr.. semoga disisa umur yg semakin berkurang bisa semakin bermanfaat untuk manusia dan untuk bumi sebagai bekal di akhirat kelak. Selamat berjuang, semoga tercapai semua cita... Yakinlah, semesta mendukung! ^,^