Tuesday 7 July 2009

Mencapai sesuatu yang sulit dicapai

(Ditulis tanggal 28 Oktober 2008)


Seperti ingin menggapai bintang di langit nan jauh. Bintang yang indah yang ingin dicapai dan dimiliki semua orang. Tapi, bintang itu hanya akan menjadi bintang harapan karena kita memang tidak akan pernah sanggup menggapainya. Atau,kita yang kurang strategi dan teknologi sehingga kita tidak dapat menggapainya. Berarti ada kan kemungkinan untuk menggapai bintang itu?

Are u sure??

Keyakinan tidak hanya sekedar ucapan. Ia butuh bukti sebuah bentuk usaha yang nyata. Sebuah usaha yang tidak hanya sekedara lisan mengatakan ”yakin”. Sudah sejauh mana usaha kita untuk menggapai bintang itu?

Tapi kan, usaha juga butuh perhitungan strategi. Kalau ternyata setelah strategi itu dihitung memang tidak akan mencukupi untuk merealisasikan sebuah keyakinan akan harapan, kenapa musti maksa untuk dilakukan. Sia-sia kan? Buang-buang tenaga, waktu, energi, uang, dan perasaan. Ya, perasaan menyesal karena tidak berhasil merealisasikan sebuah harpan dan tujuan.

Tapi Allah SWT kan tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu yang mau berubah. Allah SWT juga tidak akan memberikan beban di luar kemampuan hambanya kan? So,logika nya adalah sudah kewajiban kita berusaha sambil menyerahkan semua harapan-harapan itu kepada sang Pencipta.

Tinggal bagaimana kita kreatif berstrategi kan dalam merealisasikan harapan-harapan itu? Jawaban klise ya. Padahal perhitungan kita sudah matang kalau kita memang sulit untuk menggapai tujuan itu. Ah,itu juga alasan yang klise yang mungkin untuk menutupi kemalasan bergerak. Jadi inget novel sang pemimpi nya Andrea Hirata. Kata Ikal (tokoh utama di novel itu), mimpi dan semangat yang akan mengantarkan kita mencapai cita-cita itu. Yup,mimpi dan semangat. Mimpi akan harapan dan semangat berusaha yang akan mengantarkan kita untuk mencapai harapan-harapan itu.

Sekarang, sudah saatnya membuktikan sebuah usaha untuk menggapai sebuah harapan. Walaupun memang sulit dicapai, ya sudah, berusaha seoptimal mungkin dan berdoa semoga ada tangan-tangan ALLAH SWT yang kita menyadari atau tidak ternyata membantu kita merealisasikan harapan itu. Polkad Integratif yang sangat sulit dicapai tapi harus dijalankan. Semoga ALLAH SWT memudahkan. Amien…

No comments:

Post a Comment