Wednesday, 26 October 2011

satu orang dengan profesi terbanyak di dunia

orang tua, khususnya Ibu rumah tangga sepertnya harus memiliki banyak profesi:


1. PSIKOLOG yang baik: karena harus tau kepribadian anak sehingga bisa mengarahkan tumbuh kembang secara alamiah dan memahami kepribadian suaminya sehingga bisa menyesuaikan.


2.HAKIM yang adil:karena harus bisa melerai dan mencari jalan keluar yang adil dan solutif terutama saat anak2 nya berselisih paham.


3. CHEF yang kreatif: karena harus bisa berkreasi dalam masakan yang bergizi dan variatif untuk kebutuhan nutrisi keluarga.


4. GURU yang bijaksana: karena harus mengajarkan dan mendidik anak2 dgn sepenuh hati.

5.DIPLOMAT yang ulung: karena harus mendiplomasikan visi misi keluarga secara efektif, baik ke internal ataupun eksternal keluarga.

Saturday, 15 October 2011

Jostein Gaarder: Penulis yang Terpukau Dengan Dunia

Penulis Norwegia Jostein Gaarder mulai dikenal di Indonesia lewat buku "Dunia Sophie". Buku ini mengajak pembacanya belajar teori filsafat melalui petualangan seru seorang anak bernama Sophie. Sembari mengikuti petualangan Sophie, pembaca tanpa sadar dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang hidup dan eksistensi manusia.


"Dunia Sophie" diterjemahkan di 60 bahasa dan terjual lebih dari 30 juta eksemplar di seluruh dunia. Awalnya buku ini justru dimaksudkan sebagai buku nonkomersial. Jostein mengira buku itu hanya akan dibaca oleh pelajar Norwegia. "Saya tak yakin Dunia Sophie akan dibaca banyak orang, atau menghasilkan banyak uang," kata Jostein di Jakarta, 11 Oktober 2011.Ternyata, novel itu justru menjadi bukunya yang paling sukses dan masih terus dicetak ulang. Padahal, Jostein mengakui, buku itu lebih banyak membahas filsafat Barat. "Seandainya saya tahu buku ini akan terjual di seluruh dunia, saya tentu akan memasukkan lebih banyak jenis filsafat ke dalamnya seperti filsafat Timur, sufisme, agama-agama," ujar penulis berusia 59 tahun ini.Novel pertama Jostein sebagai penulis adalah "Misteri Soliter". Kini dia telah menghasilkan setidaknya 16 buku. Delapan bukunya sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Selain "Dunia Sophie" terbitan Mizan, ada pula "Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken", "Cecilia dan Malaikat Ariel", "Maya", "Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng", "Gadis Jeruk", "Vita Brevis" dan "Misteri Soliter".Jostein memulai ketertarikannya terhadap filsafat sejak masih kanak-kanak. "Sejak kecil saya merasa menjadi bagian dari misteri. Bahwa keberadaan kita di dunia adalah sebuah misteri dan saya tak tahu apa yang terjadi," katanya. Pertanyaan itu disampaikan pada orang tuanya, tapi tak mendapat jawaban yang memuaskan. "Orang dewasa selalu berkata bahwa tak ada yang aneh dari keberadaan manusia di dunia. Sejak saat itu saya bertekad tak akan pernah menjadi orang dewasa, karena saya ingin selalu terpukau dengan dunia," kata dia.Menurutnya, orang-orang ingin menjadi penulis karena berbagai alasan. Ada yang karena suka menyusun kata-kata. Tapi Jostein menulis karena punya pesan dan pertanyaan untuk disampaikan. Berikut ini adalah dialog antara Jostein dan pembacanya dalam acara temu pembaca di Gramedia Matraman, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2011. Puluhan fans bersemangat bertanya, meminta tanda tangan dan berfoto bersama Jostein, yang menjawab pertanyaan-pertanyaan dangan jenaka.Enam pertanyaan pertama, Jostein menyebutkan pertanyaan tentang "Dunia Sophie" yang paling sering ditanyakan orang di seluruh dunia:

Saturday, 1 October 2011

14 Fakta Unik Tentang Bahasa Inggris

1. Stewardesses adalah kata terpanjang yang dapat diketik di keyboard hanya dengan menggunakan tangan kiri Anda. Sedangkan untuk tangan kanan, lollipop adalah yang terpanjang.

2. Tidak ada kata dalam bahasa Inggris yang bersajak/berima dengan month, orange, silver, purple, angst dan scalp.

3. Dreamt adalah satu-satunya kata bahasa Inggris yang berakhir dengan huruf ‘mt’.

4. Kalimat The quick brown fox jumps over the lazy dog menggunakan setiap huruf yang ada dalam abjad.

5. Kata racecar, kayak dan level dapat dibaca bolak-balik dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri.

6. Hanya ada empat kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan suku kata ‘dous’, yaitu: tremendous, horrendous, stupendous dan hazardous.

7. Ada dua kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kelima huruf hidup secara berurutan (a, e, i, o, u), yaitu: abstemious dan facetious.

8. Typewriter adalah kata terpanjang yang dapat diketik menggunakan huruf-huruf yang terdapat pada satu baris tombol keyboard (baris QWERTY).

9. Huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘e’. Ini merupakan fakta baik dalam penggunaan bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan non-fiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse!

10. Untuk huruf konsonan, huruf yang paling sering dipakai adalah huruf ‘t’.

11. Huruf yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris adalah ‘q’ – bukan ‘z’.

12. Lima huruf yang paling sering muncul sebagai huruf pertama dalam kata bahasa Inggris – secara berurutan – adalah ‘t’, ‘o’, ‘a’, ‘w’ dan ‘b’.

13. Hampir setengah dari seluruh kata bahasa Inggris diakhiri oleh huruf ‘e’, ‘t’, ‘d’ dan ‘s’.

14. The adalah kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Bila Anda tidak percaya, cobalah berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama 5 menit tanpa menggunakan kata ‘the’.

Sunday, 18 September 2011

Ibadah

PENGERTIAN IBADAH
  • Ibadah berasal dari bahasa Arab abada, ya’budu, ‘abdan, ‘aabidun, abid yang berarti budak.
  • Menurut ulama tauhid, ibadah adalah mengesakan Allah, menta’dzimkannya dengan sepenuh-penuh ta’dzim serta menghinakan diri kita dan menundukkan jiwa kepadanya.
  • Ulama akhlak memberikan definisi bahwa ibadah adalah mengerjakan segala ta’at badaniyah dan menjalankan segala syari’at atau hukum.
  • Menurut ulama tasawuf, ibadah adalah seorang mukalaf mengerjakan sesuatu yang berlawanan dengan keinginan nafsunya untuk membesarkan tuhannya.

BEBERAPA AYAT YANG MENERANGKAN KEWAJIBAN UNTUK BERIBADAH
  • “dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah Ku” (QS. Adz-Dzariyat : 56).
  • “Dan (ingatlah) ketika tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak adam dari sulbi (tulang punggung bagian bawah) mereka; dan allah mengambil kesaksian kepada jiwa mereka (seraya berfirman), “bukankah aku ini tuhanmu?” mereka menjawab “betul Engkau tuhan kami” kami barsaksi” (Al-A’raf : 172). 

JENIS IBADAH DAN PENGERTIANNYA 
  • IBADAH MAHDOH (ibadah murni), adalah penghambaan yang murni hanya hubungan seorang hamba dengan Allah secara langsung.
  • IBADAH GHOIRU MAHDOH (ibadah tidak murni), adalah ibadah yang disamping hubungan seorang hamba dengan Allah juga merupakan hubungan atau interaksi antara hamba dengan makhluk lainnya. 
  • Ibadah mahdoh ada dua jenis, yakni yang dibatasi (mahdoh muqoyadah) misalnya sholat, zakat, dll, dan yang tidak dibatasi (mahdoh ghoiru muqoyadah) misalnya tahmid, tasbih, takbir, dll. 
  • Ibadah ghoiru mahdoh ada yang berimplikasi pada diri dan keluarga seperti mencari nafkah dan yang berimplikasi dengan literatur sosial yang lebih luas, seperti gotong royong, membangun jembatan, dll. 

PRINSIP IBADAH MAHDOH :
  • Keberadaannya harus berdasar dalil dan perintah
  • Tatacaranya harus berpola pada contoh Raslulullah SAW 
  • Bersifat supra rasional (diluar jangkauan akal) 
  • Azasnya adalah “taat”. 

PRINSIP IBADAH GHOIRU MAHDOH :
  • Keberadaannya didasrkan atas tidak adanya dalil yang melarang 
  • Tata laksananya tidak perlu berpola pada contoh Rasul 
  • Bersifat Rasional 
  • Azasnya adalah manfaat. 

Saturday, 10 September 2011

Tanah Abang

Pas lagi mudik lebaran ke jakarta, Jakarta terasa begitu membahagiakannn... ga maceetttt, lenggang dan jakarta seperti terasa dekat antar tempatnya.
3 hari setelah lebaran disuruh ke satsiun tanah abang untuk beliin tiket kereta ekonomi sodara2 yang mau balik ke solo. haaddeeehhh..hidup 19 tahun di jakarta dan 5 tahun di solo belum pernah deh seumur-umur ke stasium tanah abang. lagi jauh2 amat pada beli di tanah abang, ya mungkin mereka mau berhemat karena yang bisa naik dari jatinegara cuma kereta bisnis.
Ok lah, dengan langkah gontai saya pun ke tanah abang. rencana mau naik kereta KRL tapi ada lagi jam 1 siang sementara waktu itu masih jam9. well, saya pun memutuskan naik metro mini sampai kp.melayu dan kemudian melanjutkan naik kopaja samapi satsiun tanah abang. tips: jangan lupa tanaya dulu ke abang kenek nya soal rute kalo mau naik angkutan umum yang belum pernah dinaiki sebelumnya.
Akhirnya saya pun sampai di stasiun tanah abang yang sangat beserjarah (lebay). selesai beli tiket mau langsung balik naik commuter biar bisa langsung turun di stasiun kecil buaran, deket komplek rumah. jadi tinggal jalan kaki uda sampe rumah. waa ternayata enaj juga ya. tapi waktu itu masih jam 11 dan kereta ada jam 13.30. well, demi naik commuter (belum pernah soalnya, haha :D) saya pun memutuskan untuk berjalan2 dulu2 ke taanh abang, itung2 bisa ke Blok A yang kata iklan uda modern.
dari stasiun ke pasar tanah abang lumayan jauh, 15 menit. dari hasil tanya2 ke orang2 saya pun dapet jalan pintas lewat gang2 kecil, yang betul2 sempit. rumah konratakan petakan yang berhadap-hadapan dan cuma bisa lewat 1 orang, cukup kumuh, dan sepi.. yang mungkin abis lebaran, jadi masih pada mudik yang punya rumah. akhirnya sampe juga di blok A, ada klenteng nya gede banget dan masih tutup sampai 3 hari lagi.. well, tapi tanah abang bener2 pasar Internasional linats negara. luasss banget. warung2 lapak tradisional yang isinya baju2 uda berjejeran.. lumayan bagus2. tapi saya hanya berjalan2.

Lotek bu warni

ALhamdullilah akhirnya sempet update jugaa..
Happy Ied Fitri 1423 H
Taqoballahu minna wa minkum..
minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin.

well, balik ke judul. lotek bu warni.
buat yang pernah kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, pas masuk tahun 2002, pasti tau lotek bu warni. ya, sejak tahun 2002 lotek ini mulai berdiri. awalnya cuma warung kecil yang cukup jauh dari arena kos2an. Oya, lotek itu seperti gado2, bumbu kacang nya diulek langsung dan ditambahkan sayur2an, ketupat, telu rebus dan gorengan yang sudah di potong2.
Kemarin, ada rapat dosen dan saya kebagian beli konsumsi. ya, saya sering menemukan konsumsi rapat dosen ya lotek ini. mungkin karena uda bosen sama daging, santan, dan goreng2n jadi nyari yang sehat dan seger. beli 7 bungkus lotek membutuhkan waktu yang sangat lama karen aproses pengerjaannya satu per satu. Kebetulan, ada bu warni nya yang lagi duduk2 di bangku. saya pun ngobrol sama bu warni. beliau habis sakit diabets dan luka jadi tidak lagi ikut turun tangan seperti dulu. dan memang tidak perlu ikut turun tangan lagi karena sekarang lotek bu warni uda ada 2 cabang yang pegawainya hampir 10 bahkan bisa lebih.
saat ngobrol, tiba2, ada mobil bak yang nganter gula jawa. bu warni pun beli 2 bungkus dengan berat 20 kg gula jawa. saya pun bertanya, "bu, gula jawa segitu biasanya untuk berapa hari"? bu warni pun menjawab, ya paling untuk 2-3 hari untuk sama yang warung satu lagi. biasanya beli langsung 1 kwintal, tapi gak ada tempat untuk menyimpannya, uda penuh gelas dapet dari hadiah.. "enggak lumer kok mba soalnya ini gula jawa super, ibu maunya bahan2 nya yang bagus2.."
Ok, kita berhitung dalam rata2. jika 1 kg ada sekitar 20 buah gula jawa, dimana 1 gula jawa bisa untuk 3 bungkus lotek, so, jika 1 hari menghabiskan 10 kg gula jawa, artinya dalam 1 hari menhabiskan 200 kg gula jawa dan itu artinya, 1 hari bisa membuat 600 bungkus lotek. Ok, itu kayanya perhitungan yang tepat, karena selain menjual lotek bu warni juga menjual gado2, mie toprak, kupat tahu, bakmi, dll..
Anggaplah sehari berjualan dari pukul 8 pagi sampai 10 malam terjual 500 bungkus. well, itu bukan hal yang mustahil karena warung bu warni gak pernah sepi. kalo yang di warung ini penuh, maka pembeli akan lari ke warung yang satu nya lagi yang ga begitu jauh.

Monday, 15 August 2011

Ibu rumah tangga di Australia

Ibu Rumah Tangga adalah pekerjaan mulia, di Australia, bagi Ibu Rumah Tangga mereka dianggap berkarir juga, yaa karirnya di rumah, maka mereka mendapat gaji dari pemerintah, mengasuh anakpun adalah pekerjaan dan mereka dapat gaji dari pemerintah sesuai dengan jumlah anak yang dilahirkan dan dirawat. Semakin banyak anaknya semakin banyak tunjangan dari pemerintah, bahkan ada seorang Ibu Rumah Tangga dengan 7 anak di Australia, gajinya sebagai Ibu Rumah Tangga lebih tinggi dari pada suaminya seorang manajer biasa.
Ibu Rumah Tangga pekerjaan yang sebetulnya diwajibkan dalam al-qur’an; “Dan hendaklah kamu (wanita) tetap di rumahmu.” (QS. Al-Ahzab [33] : 33).
Setiap kita adalah pemimpin, baik pemimpin untuk diri sendiri maupun tugas memimpin sebagai Ibu rumah tangga, dan akan dimintai pertanggungjawaban bagi apa yang dipimpinnya.
Ibu Rumah Tangga pekerjaan yang bisa dilakukan wanita mana saja, gelarnya sederhana namun mulia,

Tetangga yang Baik ^,^

Bingung dan khawatir mau ngosongin rumah pas mudik lebaran? jangan khawatir, jadilah tetangga yang baik, Insyaallah rumah aman.. hehe :D

“Empat hal yang merupakan kebahagiaan, yaitu: perempuan shalehah, rumah yang luas, tetangga yang baik, kendaraan yang nyaman. Empat hal yang merupakan penderitaan, yaitu: tetangga yang jahat, istri yang jahat, kendaraan yang buruk dan tempat tinggal yang sempit.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).

Yuk, memberikan kebahagiaan untuk sekitar dengan menjadi tetangga yang baik.. otomatis tetangga juga baik dengan kita, Insyaallah..

Mari budayakan saling menyapa, menanyakan kabar, saling menolong, dan memberi hadiah/hidangan ke tetangga..

”....jangan kamu mengganggunya dengan bau periuk masakan kecuali kamu menciduk sebagian untuk diberikan kepadanya. (HR. Ath-Thabrani)”

Ternyata Islam sudah memanage bagaimana etika bertetangga, ada sekitar 10 hadist yang mengatur tentang dunia pertetanggaan.. cekitout :)

1. Malaikat Jibril Alaihissalam selalu berpesan kepadaku tentang tetangga sehingga aku mengira dia akan menetapkan hak waris bagi tetangga. (HR. Bukhari)

2. Tiap empat puluh rumah adalah tetangga-tetangga, yang di depan, di belakang, di sebelah kanan dan di sebelah kiri (rumahnya). (HR. Ath-Thahawi).

3. Tetangga adalah orang yang paling berhak membeli rumah tetangganya. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Janganlah seorang melarang tetangganya menyandarkan kayunya (dijemur) pada dinding rumahnya. (HR. Bukhari)

5. Hak tetangga ialah bila dia sakit kamu kunjungi dan bila wafat kamu menghantar jenazahnya. Bila dia membutuhkan uang kamu pinjami dan bila dia mengalami kemiskinan (kesukaran) kamu tutup-tutupi (rahasiakan). Bila dia memperoleh kebaikan kamu mengucapkan selamat kepadanya dan bila dia mengalami musibah kamu datangi untuk menyampaikan rasa duka. Janganlah meninggikan bangunan rumahmu melebihi bangunan rumahnya yang dapat menutup kelancaran angin baginya dan jangan kamu mengganggunya dengan bau periuk masakan kecuali kamu menciduk sebagian untuk diberikan kepadanya. (HR. Ath-Thabrani)

6. Di antara kebahagiaan seorang muslim ialah mempunyai tetangga yang shaleh, rumah yang luas dan kendaraan yang meriangkan. (HR. Ahmad dan Al Hakim)

7. Nabi Saw berdoa: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang buruk di tempat pemukiman. Sesungguhnya tetangga-tetangga orang-orang Badui suka berpindah-pindah." (HR. Ibnu 'Asakir)

8. Tiada beriman kepadaku orang yang bermalam (tidur) dengan kenyang sementara tetangganya lapar padahal dia mengetahui hal itu. (HR. Al Bazzaar)

9. Barangsiapa ingin disenangi Allah dan rasulNya hendaklah berbicara jujur, menunaikan amanah dan tidak mengganggu tetangganya. (HR. Al-Baihaqi) .

10. Pilihlah tetangga (lihat calon tetangganya atau lingkungannya dulu) sebelum memilih rumah. Pilihlah kawan perjalanan sebelum memilih jalan dan siapkan bekal sebelum berangkat (bepergian). (HR. Al Khatib)

Sunday, 14 August 2011

Alhamdullilah..

Alhamdullilah...
Semoga, nikmat rizqi yang Allah SWT berikan kepada kita adalah rizqi yang barokah yang akan menjadikan kita lebih tawadu', dan lebih dekat kepada Yang Maha Kuasa, Yang Maha Pemberi Rizqi..
Jangan sampai nikmat Rizqi ini membuat kita menjadi sombong, lalai, lebih mencintai dunia, jauh dari Allah dan lupa bersyukur..
Semoga keputusan yang sudah kita buat adalah yang terbaik untuk kita dan orang2 disekitar kita, karena kita harus yakin, di semua keputusan yang kita pilih pasti ada campur tangan Allah yang sangat teliti di setiap detailnya.
Semoga keputusan ini bisa memberikan kontribusi kebaikan untuk umat dan seisi dunia.
Semoga Allah meridhoi keputusan ini dan memudahkan jalan ke depannya.

(96) Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
(97) Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. An-Nahl: 96-97)

Alhamdullilah ya Allah atas nikmat Rizqi yang Engkau berikan.
Alhamdullilah wa Syukurilah..

Monday, 8 August 2011

Sedekah itu mudah

Karena Sedekah Gak Harus kaya

‎"Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah,

engkau berbuat ma'ruf(baik) dan melarang dari kemungkaran juga sedekah,

engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah,

engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah,

menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan sedekah,

dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah."

(Sunan Tirmidzi : 1879, Shahih)

“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-taip bulir seratus biji. Allah meliput gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui” [Al-Baqarah : 261]

Sunday, 7 August 2011

Ya karena hidup

Ya karena hidup itu banyak warna
Kecewa, karena sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi
Sedih, karena gagal mendapatkan apa yang diusahakan
Kesal, karena pekerjaan yang sudah dilakukan tidak dihargai
Menyesal, karena melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan
Panik, karena ada hal gawat yang terjadi
Benci, karena disakiti dan dikhianati
Bosan, karena menunggu cukup lama
Berat, karena banyak beban yang harus diselesaikan

Tapi..Hidup itu juga
Penuh cinta, karena saling mencintai
Nyaman, karena ada yang melindungi
Suka, karena ada seseorang yang memberikan sesuatu secara tulus
Bahagia, karena mendapatkan apa yang diinginkan
Menang, karena berhasil melakukan yang terbaik
Tersenyum, karena ada seseorang yang bahagia karena kita
Tenang, karena semua akan baik-baik saja


Ada Allah, Rasul dan Malaikat-Nya yang melihat kerja2 kita, memudahkan urusan2 kita, dan selalu memberikan yang terbaik untuk kita, entah kita menyukai nya atau tidak.

Jalani saja apapun kondisi yang ada dengan melakukan yang terbaik.

Mari bersyukur dan Tersenyum (˘⌣˘)



Wednesday, 27 July 2011

frozen brownies with "garpu"

nonton Bosan jadi pegawai di trans TV sabtu kemarin temanya frozen brownies.. mba nya gak sengaja nemuin resep gara-gara waktu bikin brownies yang gak biasa pas dimasukin frezer jadi enak... omset nya 100 bungkus sehari padahal baru 1 tahun produksi... waa..hebat2.

sepintas mba nya praktekin bikin brownies nya tapi durasi nya sebentar banget dan gak di kasih tau takaran bahannya pula.. Tapi karena resepnya simple jadi inget dan terus berfikir bahwa abis acara ini harus bikin... tapi kan gak ada mikser :(.. tapi berhubung life must go on dan kepikiran mulu sama ni brownis akhirnya ke alfamart buat belanja bahan2 dan nekat bikin frozen brownies pake garpu... hahahah :D :D

ini dia resepnya yang uda di modifikasi terutama takarannya karena pake filling :)

bahan:
- 2 telor bebek dan 2 telur ayam (aslinya 4 telor ayam)
- gula pasir 2 gelas belimbing (aslinya kalo gak salah sepiring)
- mentega 300 gr/ 1,5 sahet (aslinya 2 bungkus sachet)
- coklat bubuk van houten 1/2 bungkus sekitar 30 gr (aslinya sepiring)
- terigu cakra 300 gr (aslinya gak dikasih liat, tapi kayanya 300 gr kebanyakan jadi agak keras, 250 gr aja atau 1/4 kg. saran: kayanya lebih baik pake segita biru)
- kacang tanah di sangrai (aslinya kacang mete)
- susu bubuk coklat yang ada di kulkas (aslinya gak pake)
- alumunium foil untuk bungkus (gak pake, gak ada.. jadi pake plastik aja :))


cara buat:
- gula pasir, mentega, dan coklat bubuk di masak sampe meleleh dan bercampur seperti coklat leleh,jangan terlalu lama nanti pahit.. angkat dan tunggu sampai dingin
- telur dikocok
pake garpu (pake mikser lebih baik) sampai berbusa2 (sekalian olahraga, pegel euyyy) *kata mba nya kalo pake mikser jangan lama2 nanti jadi ngembang
- setelah telur berbusa masukan coklat leleh sampai tercampur rata(masih olahraga tangan)
- kemudian masukan terigu sedikit demi sampai tercampur rata plus susu (olahraga tangan makin berat) haha :D
- adonan yang jadi agak padat dan coklat banget.
- tuang ke loyang brownis yang telah diolesi mentega dan terigu kemudian taburi kacang sangrai. masukan ke dalam oven yang sudah panas
- kalo sudah jadi potong-potong dan bungkus di alumunium foil sebelum di masukin ke frezzer..jadi kaya coklat kitkat/toblerone/sejenisnya

rasanya coklattt banggeeettt... emang betul, lebih enak kalo uda di masukin ke freezzerr.. berhubung gak pake alumunium foil jadi agak keras.. mungkin kalo pake alumunium foil jadi jadi agak keras tapi smoothie gitu :)

jangan potong terlalu besar, karena cukup padat dan berisi jadi kalo sekali makan banyak jadi "eneg".. mending agak kecil tapi nanti makan lagi, makan lagi..hehe :D soalnya keponakan saya suka..

taraaaa..ini dia hasilnya



tebak2an: yang mana kuning telur bebek dan yang mana kuning telur ayam??


haha :D :D

happy cooking and enjoy your food ^^

Friday, 15 July 2011

resep aneka oat

ternyata oat bisa dimasak jadi makanan enak juga.. padahal kalo makan oat biasanya cuma dikasih garem aja.

di arsip ah, dapet dari http://sayangijantungmu.com/resep/

Quaker Omellete X-Press
Sarapan cepat,lezat dan sehat, sajikanlah Quaker Omellete X-Press untuk keluarga anda.
Bahan-bahan :
  • 50 g Quaker Instant Oatmeal
  • 3 putih telur
  • 1 kuning telur
  • 100 ml susu rendah lemak
  • ½ sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt bumbu Itali kering (Italian mixed herbs)
  • ¼ sdt merica hitam tumbuk kasar
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt mentega
  • 100 g brokoli, potong-potong
  • 4 buah jamur kancing segar, potong-potong
Cara Membuat :
  • Kocok Quaker Instant Oatmeal, telur, susu, bawang putih bubuk, bumbu itali, merica, dan garam
  • Panaskan wajan, olesi mentega. Tuangkan telur kocok. Masak hingga adonan mulai padat. Balikkan, matangkan.
  • Angkat dan sajikan hangat.
Quaker Oriental Porridge
Bahan:
  • 75 gr Quaker Instant Oatmeal
  • 1 sdm minyak goreng
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 75 gr daging sapi giling
  • 600 ml kaldu/air
  • 1 sdm kecap asin
  • ½ sdt minyak wijen
  • Sedikit merica dan garam
  • 1 butir telur atau 2 putih telur
  • 2 sdm bawang daun, iris tipis
Cara Membuat:
  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, dan daging sapi hingga harum, tuangi kaldu, didihkan
  • Masukkan Quaker Instant Oatmeal, kecap asin, minyak wijen, dan garam. Masak hingga bubur kental
  • Masukkan telur ke dalam bubur, aduk rata. Setelah matang angkat.
  • Sajikan dengan taburan bawang daun

Thursday, 14 July 2011

Jati Diri, kontemplasi.

apakah jati diri itu akan selalu berubah seiring status yang berubah?
SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Pegawai, Ayah, Ibu, Kakek, Nenek..

apakah jati diri itu akan ditemukan saat seseorang sudah menemukan status nya yang pasti?
pelajar, mahasiwa, pegawai, atau orang tua..

apakah jika seseorang yang belum memiliki status yang jelas akan merasa belum menemukan jati diri, dan itu wajar?
lulus sekolah atau lulus kuliah belum bekerja, belum menikah.

suatu saat, teman saya yang seorang PNS di depatemen ternama pernah bercerita, ada seorang PNS yang akhirnya keluar dan dia menjadi pengusaha dan lebih sukses lahir dan batin.

soo??? hm hm hm (-.-)''

"seseorang yang sudah menemukan jati dirinya, maka dia akan menikmati semua perannya. baik itu sesuatu yang menyenangkan ataupun tidak, ia tetap menjalankan dengan bahagia."

Thursday, 16 June 2011

Beda Antara Pemimpin Dan Bos


Seorang boss mempekerjakan bawahannya;

Tetapi seorang pemimpin mengilhami mereka,

Seorang boss mengandalkan kekuasaannya;

Tetapi seorang pemimpin mengandalkan kemauan baik.

Seorang boss menimbulkan ketakutan;

Tetapi seorang pemimpin memancarkan kasih.

Seorang boss mengatakan 'aku';

Tetapi seorang pemimpin mengatakan 'kita'.

Seorang boss menunjukkan siapa yang bersalah;

Tetapi seorang pemimpin menunjukkan apa yang salah.

Seorang boss tahu bagaimana sesuatu dikerjakan'

Tetapi seorang pemimpin tahu bagaimana mengerjakannya.

Seorang boss menuntut rasa hormat;

Tetapi seorang pemimpin membangkitkan rasa hormat;

Seorang boss berkata, 'Pergi!';

Tetapi seorang pemimpin berkata, 'Mari kita pergi!'


::mungkin itu yang dimaksud suami/ayah adalah pemimpin (imam) dalam keluarga::

::dengan begitu secara otomatis seluruh anggota keluarga akan menghormati pemimpinnya::

Oke_

Thursday, 9 June 2011

kangen alqur'an

pernah kangen sama Al-qur'an??

dengarkanlah seseorang membaca alqur'an secara seksama, ditengah angin sepoi yang sedang berhembus..

sejuk, tenang, damai..

Membaca Al-Qur’an mendatangkan rahmat Allah Ta’ala
Sesungguhnya orang-orang yg selalu membaca Kitabullah dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagian rizqinya yg telah kami anugerahkan kepadanya secara diam-diam dan terang-terangan mereka mengharapkan suatu perniagaan yg tiada merugi agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya Sesungguhnya Allah Maha pengampun lagi Maha mensyukuri

Back to Qur'an..

Friday, 27 May 2011

tentang blue print

Sebelum lulus S1, gak ada kepikiran untuk lanjut S2. biasalah, cita-cita anak muda, lulus kuliah, bekerja, nikah sama pria idaman, punya anak yang lucu2, tinggal dirumah yang nyaman, jalan2 ke luar negeri bareng keluarga, de el el.. intinya yang happy aja. yaa..maklum lah namanya juga mimpi kan.. hehe
wisuda memang bahagia, tapi asli, itu cuma berlangsung 1 hari itu aja. Besoknya mikir, kemana lagi yaa?? huuhhh...kayanya saat transisi kaya gitu saat asam lambung nya pada meningkat karena jarang makan dan stress yang gak berkesudahan. (haha, ini pengalaman.)
Dan, waktu yang terus aja berlalu semakin membuat ketidakpastian semakin tidak pasti. tes PNS gak ada yang lolos, ngelamar kerja gak dipanggil2.., dan gak ada yang ngelamar juga....hahhaaha
Kalo dipikir2, kok bisa ya malah banyak yang nge-blank setelah jadi sarjana. pada bingung mau ngelanjutin hidup. ibarat kata, hidup segan mati juga gak mau. padahal uda sarjana S1.
Pas lagi baca biografi atau perjalanan hidup orang-orang sukses, kurang lebih ada 1 persamaan diantara mereka. Dibelakang mereka ada orang yang berjasa membuat blue-print untuk mereka tanpa mereka sadari. Dan biasanya bukan karena keluarga mereka berkecukupan yang membuat mereka bisa sekolah dengan tenang. Rata-rata malah perjuangan nya teramat berat, sampai titik darah penghabisan.
Nah blueprint itu tidak tertulis secara tampak dan jelas. Biasanya, bueprint itu adalah nasihat2 dan harapan dari seorang Ibu, guru, atau orang2 disekitar dari orang2 sukses itu.
Secara gak langsung, harapan dan nasihat yang diberikan adalah arahan, program kerja, dan tahapan yang harus dilalui seseorang untuk mencapai kesuskesan. Selanjutnya usaha dan kerja keras lah yang harus dilakukan utuk seseorang mencapai kesuksesan.
sayangnya, banyak sekarang Ibu-ibu yang bekerja dan sangat konsentrasi pada pekerjaannya karena tuntutan profesionalitas. Walupun Ibu-ibu itu bekerja akhirnya gajinya untuk memfasilitasi anaknya, tapi mereka lupa untuk merancang atau membuat blue print anaknya. kalo kata temen saya, ya mereka kerja untuk nyekolahin anaknya di sekolah yang bagus. kalo uda sekolah ya uda tercapailah tujuannya.

__padahal kan gak semudah itu mencapai tujuan__

PR: sebelum membuat blueprint buat anak2 kita kelak, mari kita buat blue print untuk diri kita sendiri dulu. Apalagi kalo gak ada yang buat blueprint untuk kita..hehe..

Thursday, 5 May 2011

cinta adalah cinta.

Sebagaimana di masyarakat, menikah adalah menyatukan 2 perasaan pasangan yang saling mencintai untuk terikat secara agama dan secara negara. Menikah juga dinilai sebagai aktualisasi dari cinta yang diiringi dengan tanggung jawab. Istilah “cinta adalah sebuah kata kerja” akhirnya diartikan sebagai “pekerjaan” memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang kita cintai.
Menikah dan mencintai memang 2 hal yang tidak bisa dilepaskan dan saling terikat. Bisa diartikan menikah karena saling mencintai, atau menikah dahulu baru saling mencintai, atau menikah karena saling mencintai dan mengelola sebuah pernikahan dengan cinta.
Cinta adalah cinta, sebuah perasaan atau sebuah kegitan yang memang harus ada dalam setiap diri manusia dalam mengisi kehidupannya. Untuk beraktualisasi sebagai pemenuhan kebutuhan baik kebutuhan psikis maupun biologis. Namun,yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana cinta yang ada tersebut harus dilandasi dengan ilmu agar tidak salah merealisasikannya dan bagaimana agar cinta itu justru akan mendatangkan kebarokahan yang tidak hanya untuk diri sendiri melainkan untuk orang disekitar.
Cinta menjadi sebuah kata yang tidak sederhana karena mencintai harus berani untuk bertanggung jawab. Satu-satunya pertanggungjawaban adalah dengan menikah karena disana akan ada perjanjian tidak hanya dengan pasangan atau keluarga melainkan akan ada perjanjian dengan Allah SWT. Atas dasar itu, maka pernikahan atau rumah tangga akan diisi dengan aturan-aturan yang berlaku dari ALLAH SWT dan dibangun bersama-sama antar suami dan Istri dengan kerjasama yang baik dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang karena kecintaan pada Allah SWT.
Banyak teori atau ilmu tentang rumah tangga atau mengasuh anak. Namun setiap rumah tangga atau anak pasti berbeda dan akan memiliki teori tersendiri dalam pelaksanaannya. Disinilah tugas suami dan istri untuk sama-sama memformulasikan pelaksanaan rumah tangga yang Islami, sehat, harmonis dan penuh dengan kebahagiaan, dimana selain dari itu tentu ada hak dan kewajiban yang lain yang juga sama-sama harus dipenuhi.
Pernikahan adalah sebuah mitsaqon ghalizan, sebuah perjanjian yang berat. Pernikahan haruslah memenuhi kriteria Lillah, Billah, dan Ilallah. Yang dimaksud Lillah, ialah niat nikah itu harus karena Allah. Proses dan caranya harus Billah, sesuai dengan ketentuan dari Allah, termasuk didalamnya dalam pemilihan calon dan proses menuju jenjang pernikahan . Terakhir Ilallah, tujuannya dalam rangka menggapai keridhoan Allah.

Thursday, 28 April 2011

konsentrasi

hari kamis pagi, adik saya sedang minum di depan dispenser.
saya yang sedang berada disampingnya, bertanya:
"ndut, lo puasa gak hari ini"
adik saya tidak menjawab dan malah melihat saya dengan tatapan aneh (sambil terus minum)
"ndut, lo puasa gak hari ini??? ditanya jg.."
adik saya masih melihat dengan tatapan aneh dan selesai minum dia pun menjawab:
"lah, lo gak liat gw abis ngapain??"

#ps: konsentrasi itu membutuhkan koordinasi yang baik antara pikiran, penglihatan, dan lisan.

Wednesday, 27 April 2011

Oshin


Oshin (ja:おしん) is a Japanese serialized morning television drama, which aired on broadcaster NHK from April 4, 1983 to March 31, 1984. The series follows the life of Shin Tanokura (田倉 しん) during the Meiji period up to the early 1980s. Shin was called "Oshin", which is Japanese archaic cognomen.
In total, 297 15-minute episodes were shown. In Japan, the annual average audience share was 52.6%, with a peak rating of 62.9% for a single episode. As of today, Oshin aired in 59 countries, with subtitles ranging from English to Arabic. In 1984, the earlier episodes of the drama (focused on young Oshin) were made into an animated movie by Sanrio. The movie reused Sugako Hashida's scripts and Ayako Kobayashi, who played young Oshin, did the voice of Oshin.

Friday, 1 April 2011

Gerakan 1 rumah, 1 pohon Pepaya

Beberapa tahun belakangan ini, cuaca tidak menentu. Pagi cerah, siang panas menyengat, dan sore hujan deras. Tapi saat ini kita gak akan ngomongin perubahan iklim.

Inspirasi pohon pepaya ini saya dapat dari Ibu saya yang suka bertanam. Sudah 2 tahun ini kami sekeluarga pindah ke Solo. Karena hoby Ibu saya yang suka bertanam didukung lahan kosong yang cukup lebar, akhirnya cita-cita nya yang selama ini terpendam bisa teralisasi juga. Maklum, rumah yang di Jakarta hanya ada tanah didepan rumah selebar 30 cm. Itu juga sudah tumbuh beberapa pohon kecil dan 2 pohon anggur yang merambat dengan lebat dan ada buahnya walaupun tumbuh tak sempurna. Ok, tapi saat ini kita juga gak ngomongin pohon anggur depan rumah saya ^-^.

Kali ini saya akan membahas tentang pohon pepaya dan segala rupanya. Semenjak Ibu saya menebar biji pepaya bangkok dibelakang rumah yang di solo, hampir sering (walaupun gak setiap hari) saya memakan buah pepaya, lalapan daun pepaya, minum jus pepaya, atau makan nasi dengan sayur dari pepaya, daun pepaya, atau bunga pepaya. Dan masih banyak lagi ragamnya, termasuk sering disuruh tepatnya dipaksa Ibu saya manjat tangga yang cukup tinggi dan hampir reot utk ngambil buah pepaya. (hoshhh -.-' menakutkan..)*ps: saya agak takut kalo uda disuruh naik2 kaya gitu, tapi itung2 olahraga sambil berbakti pada orang tua, agama, nusa, dan bangsa. Amin..

Saya pribadi ingin menginisiasi jika setiap rumah minimal ada 1 pohon pepaya. Ada beberapa alasan pendukung yang akan saya utarakan:

1. Dari segi penanaman dan pertumbuhan:

a. pohon pepaya ini mudah sekali tumbuh. Cukup digembur-gemburkan dikit tanahnya, sebar deh biji pepaya nya. (pesen sponsor: tebarlah biji dari buah pepaya yang bagus misal pepaya bangkok yang besar, merah dan manis). Yang penting gak dimakanin ayam tetangga atau ikut kesapu. Kalo sering ujan, gak perlu disiram, tapi kalo gak ujan, siramlah sekali-kali. 1 lagi yang penting, jangan lupa berdoa pada Allah SWT biar pepaya nya tumbuh dengan sempurna karena bagaimanapun Allah adalah Maha Pencipta. Dalam hitungan bulan, pohon pepaya mulai tumbuh besar dan mulai tumbuh bunga pepaya dan akhirnya gerombolan buah pepaya mulai bermunculan dan tunggulah sampai besar dan kemerahan baru dipetik.

b. Dari beberapa pohon pepaya dibelakang rumah yang menjadi objek pengamatan saya, pohon pepaya hampir tidak pernah terserang penyakit. Pernah sih waktu musim wereng padi, karena depan rumah saya langsung sawah (orang), akhirnya beberapa buah pepaya jadi ada putih2 nya. Tapi kan itu Cuma kulit nya aja ya, buahnya masih bagus kok. Subhanallah ya, Allah itu menciptakan kulit buah dengan segala kesempurnaannya. Kalopun buahnya gak sempurna, itu bukan karena penyakit, tapi karena kita keduluan burung atau kalong, atau hewan yang bisa terbang yang memakan sebagian buah pepaya yang sudah matang. Itu kata Ibu saya karena saya tidak pernah liat langsung kejadian itu. Soalnya dulu pernah disuruh metik dan buahnya udah agak2 bonyok gitu..tapi karena Ibu2 tetaplah Ibu2, maka buah pepaya itu tidak dibuang oleh Ibu saya. Melainkan hanya dipotong bagian yang ”bonyok” dan yang masih bagus disuruh makan anak-anaknya (saya). Ya gapapalah, berbagi pada sesama makhluk Allah.

c. Buah pepaya akan terus tumbuh yang penting sabar nunggu mateng di pohon aja. Tidak seperti buah mangga, duren, ataupun rambutan yang berbuah jika musimnya. Buah pepaya akan terus tumbuh. Bahkan jika sudah terlalu tinggi, pohon pepaya itu bisa ditebang dan tetap akan tumbuh dengan ketinggian yang kita inginkan. (hal ini efektif sehingga gak perlu naik2 tangga).

d. Beberapa literatur menyebutkan, pohon pepaya bisa hidup sampai usia 25 tahun atau lebih, namun produksi buah tertingginya pada usia 2-3 tahun. Menurut pengalaman para petani di Malang, pada usia lima tahun produktivitasnya sudah jauh menurun dan pohonnya mudah mati karena berbagai hal. Karena itu, para petani umumnya membongkar tanamannya setelah berusia sekitar empat tahun.

2. Dari segi pemanfaatan menjadi panganan, Pohon pepaya dari buah, bunga, dan daunnya, dapat disulap menjadi panganan yang sehat, enak, dan murah meriah. Dari minuman, dessert, cemilan, sampai sayur pelengkap nasi. Berikut beberapa resep yang menggunakan bahan2 tersebut:

a. Lalapan daun pepaya: cukup direbus setelah sebelumnya diremas2 garam biar gak terlalu pahit. Kata tetangga sih, pas direbus dicampur tanah liat biar gak pait. Belum pernah nyoba sih, tapi kalopun pait2 dikit, gapapalah.. katanya kalo makan daun pepaya kulit kita gak bakal digigit nyamuk karena darahnya pahit, mungkin ini yang membuat kulit menjadi halus. (tapi maaf ya itu gak valid, Cuma kata orang, belum dibuktikan secara ilmiah)

b. Tumis daun pepaya: daun pepaya yang sudah diremas2 garam dan direbus, dipotong2 dan ditumis dengan bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, ebi, gula, garam, dan bumbu2 lainnya. Kalo di tambah ikan teri tau udang lebih enak.

c. Tumis bunga pepaya, bumbu sama seperti tumis daun pepaya..

d. Sayur pepaya pedas: pepaya yang masih mentah diiris memanjang seperti korek dan dibumbu santan pedas. Biasa dimakan bersama lontong atau ketupat. Kali ini saya gak tau bumbunya apa.. haha, maaph :D :D

e. Sayur pepaya gak pedas : pepaya yang masih mentah dipotong tak berukuran dengan bumbu yang sama, masih dikuah santan, tapi gak pedas. Biasa dimakan pake nasi.tapi kali ini saya juga gak tau bumbunya apa.. hehe

f. Sayur asam2 pepaya : pepaya yang masih mentah, dipotong dadu, dicampur daging atau kikil sapi yang telah dipotong2 juga, ditambah buncis dan potongan dadu wortel, dibumbu kecap gak pake santen. Saya juga kurang tau bumbunya apa. Tapi ini enak banget.. recomended. Keluarga saya suka banget sayur ini. Dan ini adalah resep andalan Ibu saya kalo tukang sayur gak lewat. Artinya tinggal metik pepaya mentah dan suami dan anak-anaknya tetap bisa makan nasi pake sayur.. My mom, I luph U pull dah. ^-^ *saya gak tau kenapa namanya asam2 padahal rasanya manis pedas dan gak asem2 banget. Tapi sayur ini cukup terkenal di Solo.

g. Manisan buah pepaya: Jika buah pepaya masih ”mengkel” atau sudah merah tapi keras, bisa dibuat manisan. Buah pepaya dipotong sesuai selera, kemudian disiram air gula yang masih panas dan diamkan sampai dingin. Lakukan berulang 2-3 kali. Bisa langsung dimakan atau ditambah kuah asinan (cabe merah, gula jawa/pasir, garam, cuka/asam jawa sedikit, dan air). Jadi rasanya, manis pedes asem gimana gitu.. dimakan abis dari kulkas di siang hari..hmmm

h. Buah pepaya yang masih mengkel juga enak buat dimakan sama bumbu rujak atau dibuat rujak serut. *PENTING: Buah yang masih mengkal atau separuh matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari buah matang. Namun wanita yang ingin memiliki anak atau sedang hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah dan mengkal mempunyai efek menggugurkan kandungan. Saran untuk wanita hamil, bila ingin mendapatkan khasiat pepaya, makanlah buah yang sudah matang saja.

i. Buah pepaya yang sudah matang bisa dimakan langsung atau dikupas kulitnya dan dibagi dua, dibersihkan bijinya dan dimasukkan adonan puding didalamnya. Tunggu sampai dingin dan pepaya dipotong dengan cantik. Anak kecil yang gak suka pepaya jadi bisa suka dengan pepaya yang dikreasikan.

j. Jus Pepaya: pepaya yang sudah mateng diblender bersama gula dan air. Atau bisa juga dimix dengan buah lainnya seperti jambu biji, perasan jeruk nipis, atau mangga.

k. Jamu daun pepaya: kayanya dari perasan daunnya, tapi kali ini Ibu saya gak pernah buat, ini Cuma kata tukang jamu yang sering lewat depan rumah kalo jamu pait itu ada sari daun pepaya nya dan itu bagus buat Ibu menyusui. Hehe, belum pernah nyoba, gak sanggup ngerasain pahitnya..

l. Katanya ada juga ya kripik pepaya? Wah ini belum tau deh, tapi kayanya kalopun ada harus dibuat pake mesin berteknologi canggih. Kata adik saya yang kuliah di Ilmu Teknologi Pangan kripik buah harus di keringkan apa diapain gitu pake mesin. Ribet deh pokonya..ini mah beli aja.. haha :D :D

m. Daun pepaya bisa digunakan untuk membungkus daging sebelum di masak karena enzim papainnya mampu mengempukkan daging.

3. Dari segi gizi dan kandungan didalamnya (full copas dari berbagai sumber):

a. Kandungan gizi pepaya:

Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. Penilaian didasarkan pada sumbangan dari sembilan jenis vitamin, potasium, dan serat pangan yang terkandung pada masing-masing buah terhadap angka kecukupan gizi yang dianjurkan (AKG).

Dari penilaian tersebut, pepaya telah ditetapkan sebagai buah yang paling menyehatkan, kemudian disusul oleh cantaloupe, stroberi, orange, dan tangerine.
Hasil penelitian CSPI tersebut tentu sangat menggembirakan. Sebab, selain bergizi dan menyehatkan, pepaya juga dikenal sebagai buah yang murah harganya dan enak rasanya. Varietas yang beragam dan ketersediaannya sepanjang tahun turut memperkokoh posisi pepaya sebagai buah idola.

Buah pepaya matang sangat unggul dalam hal betakaroten (276 mikrogram/100 g), betacryptoxanthin (761 mikrogram/100 g), serta lutein dan zeaxanthin (75 mikrogram/100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas.

Vitamin A yang diperoleh dari 100 g buah pepaya matang berkisar antara 1.094-18.250 SI, tergantung dari varietasnya. Sementara betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin lebih banyak berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif.

Sumbangan vitamin yang sangat menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrogram/100 g). Kadar serat per 100 gram buah masak 1,8 gram. Serat pepaya sangat dikenal manfaatnya dalam memperlancar proses buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. Satu potong pepaya berukuran 140 gram mampu memberikan sumbangan vitamin C sebanyak 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta sumbangan serat sebanyak 10 persen dari AKG.

Komposisi mineral pada buah pepaya matang sangat bagus, yaitu dominan potasium (257 mg/100 g) dan sangat sedikit sodium (3 mg/100 g). Rasio potasium terhadap sodium yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi. Mineral lain yang terkandung dalam jumlah lumayan adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, zinc, dan selenium. Keunggulan lain dari buah pepaya adalah rendah lemak, tanpa kolesterol, rendah sodium.

Tabel. Komposisi gizi buah pepaya masak, pepaya muda, dan daun pepaya per 100 gram

Zat Gizi

Buah pepaya masak

Buah pepaya muda

Daun pepaya

Energi (kkal)

46

26

79

Protein (g)

0,5

2,1

8,0

Lemak (g)

0

0,1

2,0

Karbohidrat (g)

12,2

4,9

11,9

Kalsium (mg)

23

50

353

Fosfor (mg)

12

16

63

Besi (mg)

1,7

0,4

0,8

Vitamin A (SI)

365

50

18.250

Vitamin B1 (mg)

0,04

0,02

0,15

Vitamin C (mg)

78

19

140

Air (g)

86,7

92,3

75,4

Sumber: Direktorat Gizi, Depkes RI (1992)

b. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh:

1) Sebagai Obat jerawat. Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.

2) Manfaat Memperlancar pencernaan. Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

3) Menambah nafsu makan Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

4) Demam berdarah Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Bintang sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

5) Nyeri haid. Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

6) Anti kanker. Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

7) Sakit keputihan. Ambil satu lembar daun pepaya, satu potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Selanjutnya daun pepaya dicincang halus, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian diminum satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur.

8) Mencegah demam nifas. Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama dua hari berturut-turut.

9) Melancarkan haid. Dua helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus satu kali sehari.

10) Melancarkan ASI. Beberapa helai daun pepaya dicuci, layukan di atas api. Hangat-hangat ditaruh di sekeliling payudara.

11) Malaria dan demam. Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut. Atau ambil beberapa helai daun pepaya kemudian dicuci, setelah itu direbus dengan dua gelas air hingga airnya tinggal setengah gelas. Lalu diminum sedikit demi sedikit sepanjang hari hingga habis.

12) Malnutrisi. Satu lembar daun pepaya direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.

13) Flu. Cuci tiga helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum dua kali sehari untuk anak-anak, dan empat kali sehari untuk dewasa.

14) Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Bouchut secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan daun pepaya bersifat antitumor atau kanker.
Peran itu dimungkinkan oleh kandungan senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan konfigurasi itu, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, karpain ternyata juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan. Sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.

15) Daun pepaya juga mengandung berbagai macam zat, antara lain vitamin A, B1, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, dan air. Selain itu Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Bahan-bahan tersebut biasanya dipadukan dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

c. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh:

1) Pelangsing Tubuh: Buah pepaya punya khasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.

2) Awet Muda: Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya.

3) Buah pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Malah kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, dan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Kaya pula dengan vitamin B kompleks dan vitamin E.

4) Buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein. Mencerna protein merupakan problem utama yang umumnya dihadapi banyak orang dalam pola makan sehari-hari. Tubuh mempunyai keterbatasan dalam mencerba protein yang disebabkan kurangnya pengeluaran asam hidroklorat di lambung.

5) Kadar protein dalam buah pepaya tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah. Tapi julah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Daya cerna terhadap protein ini mengingatkan kita untuk lebih cermat memilih makanan, Bahwa makanan yang mengandung protein tinggi belum tenti bisa bermanfaat bagi tubuh. Yang penting adalah mudah atau tidaknya protein itu diserap tubuh.

6) Pepaya bisa memecah protein menjadi arginin. Senyawa arginin merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bisa diproduksi tubuh dan biasa diperoleh melalui makanan seperti telur dan ragi. Namun bila enzim papain terlibat dalam proses pencerbaan protein, secara alami sebagian protein dapat diubah menjadi arginin. Proses pembentukan arginin dengan papain ini turut mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HSG), sebab arginin merupakan salah satu sarat wajib dalam pembentukan HGH. Nah, HGH inilah yang membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Informasi penting lain, uji laboratorium menunjukkan arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

7) Pepaya juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino yang bersifat autointoxicating atau otomatis menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna. Tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi dan kencing manis merupakan penyakit-penyakit yang muncul karena proses pencernaan makanan yang tidak sempurna. Papain tidak selalu dapat mencegahnya, namun setidaknya dapat meminimalkan efek negatif yang muncul. Yang jelas papain dapat membantu mewujudkan proses pencenaan makanan yang lebih baik.

8) Pepaya berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh. Dengan cara ini sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan.

9) Pepaya juga dapat mempercepat pencernaan karbohidrat dan lemak. Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna. Tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging, terutama untuk pembuatan sate atau masakan semur.

10) Pepaya memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Pepaya membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.

11) Pepaya terbentuk di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun bijinya. Jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuhnya. Malah, bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan, disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya beserta bijinya.

12) Buah yang masih mengkal atau separuh matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari buah matang. Namun wanita yang ingin memiliki anak atau sedang hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah dan mengkal mempunyai efek menggugurkan kandungan. Karena efek yang satu ini, di berbagai negara, seperti Papua Nugini dan Peru, pepaya digunakan sebagai alat kontrasepsi. Saran untuk wanita hamil, bila ingin mendapatkan khasiat pepaya, makanlah buah yang sudah matang saja.

Sekian pemaparan tentang papaya dan segala rupanya yang sangat panjang. Semoga dibaca, terinspirasi dan mulai menanam pohon pepaya di rumah. Atau minimal minta tolong tetangga buat nanem pohon di rumahnya. Soalnya kalo harus usul ke Pemerintah yang terhormat dan menunggu kebijakan menanam 1 rumah 1 pohon pepaya dibuat, kelamaan birokrasinya. Waktu untuk membuat sebuah regulasi sama kaya numbuhin pohon pepaya sampe berbuah.

Yuk, Nanem pohon pepaya.. ^-^

Demi generasi bangsa Indonesia yang sehat, cerdas, good looking. Haha :D good looking mah urusan gen dan takdir yaaa

*Ps: Selain manfaat nya yang sangat banyak, saya juga agak aneh dengan buah pepaya karena anak kucing dirumah saya, suka makan buah pepaya asal disuapin. Saking anehnya, sampe saya rekam di video hp saya. Kalo udah kaya gini, saya jadi bingung, yang aneh anak kucingnya karena makan pepaya, atau orang yang mau nyuapin kucing pepaya, atau orang yang sampe videoin anak kucing makan pepaya?

finished.

nunik nurhayati