Thursday 13 June 2013

goodness of fit

Dalam SPSS, Pengujian "goodness of fit" merupakan pengujian kecocokan atau kebaikan yg sesuai antara hasil pengamatan (frekuensi pengamatan) tertentu dengan frekuensi yang diperoleh berdasarkan nilai harapannya (frekuensi teoretis).

kalau Noridha Weningsari bilang, setiap kita membutuhkan titik "goodnes of fit" karena dititik itulah seseorang mengetahui dan memberikan apa yang baik untuk kita dengan pas sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja, seseorang yang tempramen level difficult dan medium, saat mengekspresikan perasaannya secara berlebihan, sejatinya ia membutuhkan seseorang yang menyeimbanginya dengan menanggapi ekspresi tersebut dengan tidak berlebihan juga. Atau misalnya seorang anak yang tidak mau makan sayur, maka Ibu nya tidak akan memaksa anaknya untuk makan sayur itu secara langsung. melainkan akan memberikan sayur itu perlahan-lahan dan anaknya bisa nyaman menerima pemberian dari ibunya karena tidak merasa terpaksa.

dengan kata lain, 'goodnes of fit' itu adalah saat seseorang yang baik mengetahui bagaimana cara memberikan kebaikannya kepada orang lain secara pas, sesuai dengan kebutuhannya dan orang tersebut juga menerima kebaikan yang ia berikan dengan perasaan nyaman tanpa merasa terpaksa. 

Dan kunci dari 'goodnes of fit' itu adalah ketulusan dan kesabaran. karena Kualitas ketulusan akan menentukan penerimaan sebuah nasihat. 

Atau mungkin ini ya yang dimaksud oleh pak Habibie bahwa tak butuh seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan berarti lebih dari siapapun? 

#cuma catetan hasil obrolan dengan seseorang yang sulit didefinisikan dengan kata-kata. haha :D love u so much pokoknya brul..

No comments:

Post a Comment