Sunday 2 June 2013

engkau dan Tuhanmu

"Kebaikan yang engkau lakukan saat ini, mungkin saja besok sudah dilupakan orang. Tetapi bagaimanapun berbuat baiklah. Bagaimanapun berikanlah yang terbaik dari dirimu. Pada akhirnya kelak engkau akan tahu bahwa ini adalah urusan antara engkau dan Tuhanmu. Ini bukan urusan antara engkau dengan mereka" (by susi untuk nunik).

baru kali ini dapat sms yang hampir bikin air mata ngalir ga berhenti-henti :'(. sms dari seorang Ibu di Bulungan, Kalimantan Utara.. beliau salah satu pegawai Pemda disana, satu kelas dengan saya di S2 ini karena mndapat tugas belajar. Putra nya 5 yang paling besar lulus SMA,yang paling kecil 2 tahun. Pilihan yang luar biasa bagi saya saat beliau menyanggupi tugas belajar di pulau yang berbeda.

Suatu hari, saya dan beberapa teman disibukkan dengan ritual tesis, kemudian saya mengalami suatu kejadian yang membuat hati saya tidak nayaman. akhirnya, Selepas sholat zuhur berjamaah dengan beliau di mushola kampus, saya hanya mengucapkan 1 kalimat "bu, ternyata hidup itu cukup berat ya dan ga selalu nyaman, pasti Ibu uda melewati banyak hal yang lebih berat ya bu, dan Ibu bisa sampai sekarang ini karena Ibu kuat dan sabar melewatinya". Awalnya saya berharap untuk ditanya kenapa, tapi ternyata Ibu itu langsung menangis sejadi-jadinya. Ia malah bercerita tentang permasalahan anak-anak nya, keluarga besar nya, rumah tangga nya, pekerjaannya yang sungguh sangat amat berat. Saya hanya bisa diam mendngarkan dan bersimpati. Ada kalimat yang saya ingat sampai sekarang.."ya sudahlah nik, percayalah tak ada cinta yang abadi di dunia ini kecuali cinta dari Allah..". sering juga beliau mengatakan, "ya bagaimana lagi nik, anak saya tiara yang SD sering bilang ke saya, sabar ya mamah, daun yang berguguran jatuh saja atas izin Allah" Speechless..

Dan luar biasanya, dalam keadaan penuh tekanan, beliau bisa menyelesaikan tesis nya. dan Akhirnya kemarin beliau mensms saya, mengingatkan agar saya pun menyelesaikan tesis saya.. huwaaa..terharu.

Terima kasih ya Ibu, banyak hal lain yang masih saya ingat dan akan terus saya ingat. pelajaran berharga untuk saya yang masih tidak mengerti tentang apa itu hidup. Dan ada 1 kalimat lagi yang sering ibu katakan dan  tidak akan pernah saya lupakan bu.. "iyalah, sekarang ini sumber kekuatan ku hanya Allah, nik..semoga aku kuat menyelesaikan ujian ini dan setelah ujian ini selesai aku akan menyelesaikan ujian yang lain"

Dunia itu hanya tempat ujian-ujian..dan sejatinya jawaban dari semua ujian-ujian itu adalah saat kita bisa mengambil hikmah yang akan membuat keimanan kita semakin kuat. Keyakinan hati pada kebesaran sang Illahi Rabbi. Semoga kita bisa lulus ujian-ujian di dunia dan mendapat nilai yang baik biar diperkenankan masuk surga bertemu Allah, bertemu Rasulluloh, dan semoga bisa berkumpul dengan keluarga dan semua orang-orang yang baik.. 

Oke, kejakan tesis, selesaikan, ujian, dan segera lulus dapat nilai yang terbaik <~ termasuk ujian di dunia. :)


No comments:

Post a Comment