Monday 15 July 2013

telur Buka puasa :D

serial Ramadhan 5

Ada tradisi menarik di masjid dekat rumah saya, setiap hari warga bergantian menyiapkan makanan berbuka puasa untuk jamaah di masjid. Dan jamaah di masjid itu adalah ya warga itu sendiri :) Ini namanya pahala sharing,“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” (HR. Tirmidzi) Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.


Sesuatu yang jarang saya lihat, selama bulan ramadhan hampir 1 kampung berbuka puasa bersama, dari mbah2, bapak2, ibu2, sampai anak2. biasanya kan cuma bapak2 aja..heheSiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.

Tapi saya cukup jarang ikut buka puasa di masjid, paling cuma beberapa kali aja, karena seringnya ada agenda buka puasa diluar atau ya karena pengen buka puasa dirumah :D Dan hari ini alhamdullilah saya berbuka puasa ditelatar masjid sama tetangga2, seru :) hari ini juga jadwal ibu dan bude saya menyediakan hidangan buka puasa. Bude dan Ibu saya bagian membuat makanan inti, dan saya membuat makanan pembuka: Puding telur ceplok. Pasti seru, karena puding ini belum tenar di dunia nyata. hehe.. masih rame di dunia maya, di grup NCC nya ibu2 :D

Dan ternyata benarrr.. saya yang duduk diantara anak2 TPA dan ibu2 nahan2 senyum pas melihat ekspresi dan mendengar komentar tentang si puding itu :D that's my point. sengaja bikin puding telor ceplok biar jadi menu surpriseee hehehe, membahagiakan itu sederhana, sebagaimana sederhananya bahagia :) <~ mereka ga tau kalo yang buat itu adalah saya, rahasia. hehehe Paling lucu adalah pas ngeliat ibu2, ngeliatin itu puding dengan seksama dari depan, belakang, samping. dicium aromanya, dan ekspresi saat merasakan. sebenernya rasanya biasa aja, cuma susu vanila dengan paduan jeruk, tapi mungkin karena baru melihat, jadi unik kali yaa.. Alhamdullilah, bersyukur atas segala nikmat.

Yang mau membuat ta'jil banyak, puding telor ceplok ini recomended. Rasanya ringan, segar, bentuknya unik, sehat, buatnya mudah, cepat, dan hemat (ini point paling penting hehehe).

ini resepnya Untuk 125 buah dngan cetakan diamter sekitar 8 cm,
Agar-agar putih 8 bungkus @2.200=  17.600
SKM putih 1 kaleng = 8.000
gula 1/2 kg = 6500
cetakan puding besar = 6000
cetakan puding kecil = 5000
garam 1/2 sdt -ada di dapur
essence vanila -ada dikulkas :D
sirup orange - ada dikulkas juga :D
Total sekitar  45.000 IDR, tapi jadinya 125 buah, berarti 1 puding sekitar 400 IDR (Hemat dan sehat kan..)

Cara:
- buat kuning telur: 2 bungkus agar2, gula 10 sendok, dan air 10 gelas dimasak hingga mendidih,angkat  kemudian diamkan sebentar dan  tambahkan sirup orange 1/2 gelas, cetak ke cetakan puding kecil dan biarkan mengeras. 
- Buat putih telur: 6 bungkus agar2, air 30 gelas, gula 30 sendok, garam 1/2 sdt, masak sampai mendidih (sekitar 30 menit), angkat,  diamkan sebentar, tambahkan vanila essence dan susu Kental manis, aduk rata, cetak ke cetakan yang besar (jangan terlalu penuh) >>PEnting: Susu kental Manis jangan dimasak, karena nnt pecah dan gizinya rusak.
- Terakhir, pas putih telur 1/4 beku, masukan kuning telur posisi terbalik agar agak muncul kepermukaan. jika bagian atas tidak begitu rapih, bisa ditambahkan lagi sedikit putih telur biar permukaannya rapih.

nb: harus gerak cepat karena cepet banget bekunya, alhamdullilah tadi ada yang bantuin, jadi ga begitu repot.


Selamat mencoba, 
happy healthy cooking :)

No comments:

Post a Comment