Wednesday 26 January 2011

tentang gw, bayam, dan sampah.

it's my time..
-karena isi postingan ini penuh dengan ketidakurutan-
sejak 5 tahun yang lalu gw uda jarang menggunakan sapaan gw-lo dan lebih bnyak menggunakan aku-kamu. dari tahun 1987-2005 gw hidup di kota jakarta dengan segala keragaman dan sosialita yang ada. sampe akhirnya hasil SPMB membawa gw ke solo untuk kuliah di FH UNS.
[[gw lupa kenapa FH UNS jadi pilihan pertama SPMB yang artinya kalo lolos gw harus tinggal di solo jauh dari nyokap bokap gw. Apa jangan2 karena ada panggilan alam dari alm. mbah2 gw yang pengen cucunya pulang ke tanah kelahiran emak bapak nya yaa??]]
Untunglah gw bertemu dengan noridha weningsari dan wiwiek dwi marchyani yang berasal dari jakarta dan bogor. alhasil, selama kuliah, gw masih fasih pake sapaan gw-lo karena ada mereka. hahaha :D
Di Solo, dengan segala keramahan budaya membuat sopan santun sebagai point penting dalam berinteraksi. So, kalo gak bisa bahasa jawa inggil or kromo mending gak usah pake bahasa jawa kepada org yang lebih tua. kalo sampe menggunakan bahasa jawa ngoko, itu bisa berakibat fatal. gak sopan tingkat akut. hhiiiii.
ENtah kenapa kemampuan bahasa jawa gw masih sangat minim padahal nyokap bokap asli solo. mungkin karena penggunaan bahasa jawa tidak pernah dilakukan dirumah gw dan saat gw kuliah pun teman2 banyak yang menggunakan bahasa INdonesia. Tapi 5 tahun di Solo, cukup paham lah bahasa jawa walaupun pasif..
Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati dan kesopanan yang gw miliki, mau gak mau, gw harus terbiasa menggunakan sapaan aku-kamu sehari-hari (asli,buat gw noridha, dan wiwiek, penggunaan aku-kamu adalah untuk sapaan mesra orang yang pacaran. maklum, begitulah tata bahasa anak SMA di jakarta saat itu). So, kadang bingung juga saat memforward SMS untuk beberapa teman yang salah satunya noridha atau wiwiek. jadilah ngedit dulu dengan mengganti aku menjadi gw dan kamu menjadi lo. hahahah :D gak penting.
Astagfirullah, gw lupa. gw kan mau posting ini gara-gara perenungan gw di pagi hari ini. nyokap gw dan adek gw lagi kejakarta 2minggu ini karena ada beberapa urusan rumah yang harus langsung diselesain dan tidak bisa diwakilkan. sehingga uda seminggu ini gw tinggal berdua ama bokap di rumah. bertiga ding, ama kucing gw, apin. pg ini gw melihat halaman rumah gw (di solo) dipenuhi daun2 kering dari 2 pohon mangga yang gede banget itu. oh no.. gw ngerasa gw adalah orang yang tidak bertanggung jawab karena uda 3 hari ini tu halaman ga gw sentuh. gw sedih ngeliat halaman rumah gw seperti tak berpenghuni.
Ok,tapi gw gak mau berlarut-larut dalam kesedihan. gw bangkit dan mengambil sapu lidi kemudian menyapu dan akhir nya gw baru sadar. "Kemana gw harus buang ni daun2???"
pas gw liat 2 ember sampah di depan rumah gw ternyata udah penuh juga. Oh my god..sampah2 ini harus gw buang kemana.. kesedihan gw semakin menjadi-jadi.
Oleh karena itu, berdasarkan kejadian itu inilah beberapa perenungan gw.
pertama, tahun 2005 saat gw menginjakkan kaki di solo, gw ngekos sampe tahun 2010. setelah itu, nyokap berencana merenovasi rumah yang di solo untuk ditinggali bersama bokap di hari pensiun mereka. hal ini didukung dengan diterimanya adek gw kuliah di FP UNS sejak tahun 2008. Sehingga analisa nyokap gw, akan lebih efektif dan efisien untuk bersama-sama kita tinggal di solo dimana rumah gw yang di jakarta masih ditempatin kakak gw. at least, sejak tahun 2010 gw uda resmi gak kos dan jadi anak rumahan.
gw fikir, gw tegolong anak yang mandiri dan tidak terbiasa bergantung pada orang lain. prinsip gw, selama gw bisa ngerjain sendiri, ya kerjain..toh, orang lain punya kesibukan masing2. hal ini dilatar belakangi oleh sering dititipinnya gw ke tetangga gw dari kecil kalo nyokap bokap kerja dan kakak2 gw sekolah. gara-gara ini, gw jadi punya yang namanya sodara persusuan gara-gara nyokapnya (bu yono) adalah tempat teraman untuk nitipin gw kata nyokap. sodara sepersusuan gw namanya mar'atus solihah. bulan maret ini dia nikah. Wooww..I'm very happy to hear that. dia nikah sama pacarnya yang notabene nya adalah temen SMP gw. apapun yang terjadi gw akan mengusahakan maret gw harus ke jakarta. ibaratnya, dia sodara kembar gw..masa ia gw gak nemenin disaat hari terpenting dalam hidupnya??
Lanjut lagi soal sampah, gw jujur pada diri gw sendiri kalo selama gw jadi anak rumahan di solo gw jarang megang kerjaan rumah. hal ini di karenakan nyokap gw yang workholic gak bisa diem dirumah. akhirnya banyak kerjaan rumah yang tiba-tiba uda beres. pagi2 sarapan udah siap, cucian piring beres, halaman bersih, dan gw dengan bahagianya sarapan dan langsung capsus ke kampus kemudian pulang kerumah dengan kondisi rumah yang menenangkan plus makan malam yang uda tersedia.. palingan seminggu sekali gw nyuci baju serumah..waktu belum ada mesin cuci gw uda berasa jadi kuli nyuci baju seminggu nya 4 org ! tapi alhamdullilah Allah menjawab doa gw dengan nyokap gw memutuskan membeli mesin cuci karena gak tega ngeliat anaknya diperes tenaganya untuk meres cucian. hahaha :D :D
jadi, persis 1 tahun hidup gw adalah hidup yang paling nyaman. ini berbanding terbalik sbelumnya dimana dari kecil gw terbiasa mandiri, nyokap bokap gw sibuk. kakak2 gw apalagi, aktivis.. dari kecil, gw uda terbiasa untuk menyiapkan kebutuhan gw sendiri. pernah gw berfikir keras waktu kls 4 SD saat dirumah cuma ada gw dan kakak gw (cowok) berdua tanpa makanan di meja makan. gw harus bikin sayur sop dan kakak gw goreng tempe. karena itulah bahan-bahan yang ada di kulkas dan kita gak punya uang untuk membeli makanan. (haiiiss..menyedihkan). tapi gpp..gw tetep ngejalanin nya dengan bahagia.
pas gw ngekos lebih tragis lagi...kos yang gw tempatin memiliki arsitektur yang langka dimana kalo ujan deres bakal ada air terjun ke dalam rumah. artinya, membutuhkan tenaga ekstra untuk bersih-bersih kos dimana hal itu harus diiringi dengan aktivitas kuliah yang banyak, rapat sana-sini, tugas, dan kebutuhan diri sendiri seperti nyuci baju dan beresin kamar. ditambah lagi, gw pernah menjabat sebagai ketua kos yang artinya gak ubah nya sebagai -pembantu- karena kalo ada kerusakan atau hal-hal yang aneh di kos, ketua kos lah yang harus terdepan menangani nya. misalnya, ngebersiin paralon yang kesumbat, ganti lampu yang mati, bersiin lokasi jemuran yang debunya uda ketebelan 1/2 meter dan masih banyak lagi. tapi gpp.. gw bahagia. [[nb: sebutan ketua kos = pembantu juga diakui oleh mantan2 ketua kos yang lain. hahaha..nasib]]

kedua, hah? uda kedua aja, padahal yang pertama aja menurut gw belum selesai. tapi gapapalah biar agak terstruktur maka pembahasan kali ini gw jadiin di poin yang kedua.
masih soal sampah..pas gw tanya bokap, pak ni sampah dibuang kemana? kata bokap gw, biasanya nyokap gw buang sampah organik di kebon biar jadi pupuk, dan sisanya dibuang di kebon depan terus di bakar berapa hari sekali..
soal bakar sampah, ini bukan hal yang mudah apalagi sering hujan. mau pake minyak tanah ampe 1 liter kalo gak biasa tu sampah gak bakal kebakar yang ada malah buang2 minyak. gw pernah mengalaminya dan dimarahin sama nyokap karena harga minyak tanah yang tidak lagi di subsidi pemerintah. selain itu, katanya, asap pembakaran akan mengurangi lapisan ozon sehingga memberi peluang terjadi nya global warming..waduh jauh amat ya??
Akhirnya, gw terus menyapu dan memojokkan daun2 kering itu ke pojokan itung2 jadi pupuk organik. oya, saat gw nyapu gw di temenin sama apin. dia berimajinasi kalo sapu yang gw gerakkan adalah tikus, akhirnya dia ngejar2 tu sapu dan gw pun jadi bingung nyapunya gimana. oh apin...di tengah gw sedih memikirkan keberlangsungan hidup sampah2 ini, elo malah gerecokin aktivitas nyapu gw.. bahkan lo gak bisa ngasih solusi saat gw menatap mata lo seolah-olah bertanya: pin, ni sampah dibuang kemana?? [[ini mah gw yang gila nanya ama kucing...hahhaah :D :D efek kesedihan yang teramat sangat memikirkan keberlangsungan sampah]]
sebenarnya, soal sampah ini uda gw diskusikan sejak lama dengan nyokap. saat memutuskan tinggal di solo,kita melihat ternyata tetangga kanan kiri masih menumpukkan sampahnya di kebon belakang rumahnya. nyokap gw gak terima karena ada yang numpuk sampah di kebonnya yang membuat tanahnya penuh plastik dan menurut nyokap gw, hal ini akan menghambat goal setting nya dia soal berkebun karena tanah tidak akan subur dan buah2 yang ia harapkan tidak akan tumbuh. akhirnya kita berdiskusi bagaimana kita membuat terobosan di kampung ini agar ada pengelolaan sampah yang baik. hal ini sudah nyokap follow up i dengan mengkomunikasikan ke perangkat desa yang notabene nya adalah keponakannya, agar membuat management pengelolaan sampah yang baik. misalnya dengan adanya pengangkutan sampah oleh petugas kebersihan seperti di jakarta atau desa-desa yang lain .. tapi usaha nyokap gw tidak berbuah hasil karena kata perangkat desa tersebut, hal ini sudah diwacanakan sejak lama tapi tidak disetujui oleh warga karena mereka keberatan membayar retibusi. bener juga si, kata nyokap gw, disini uang seribu perak aja berharga banget. Itu adalah statement nyokap gw yg sering diulang2 kalo dia ngeliat gw pulang kerumah dengan membawa belanjaan yang mnurut dia gak penting utk dibeli. hahaha.

Indonesia, udah 60 tahun lebih merdeka tapi sampah aja masih belum terkelola dengan baik.

watss???judul postingan gw adalah tentang gw, bayam, dan sampah. trus bayem nya mana? ok,tu bayem ada di kulkas. uda gw beli dari 3 hari yang lalu bersama bandeng presto yang waktu gw membelinya gw uda bertekad untuk menyajikan makanan sehat untuk gw dan bokap gw. tapi apalah daya.. karena bude-pakde gw orangnya baik2, alhasil tiap hari rumah gw dianterin makanan. mungkin mereka kasihan melihat penderitaan gw dan bokap yang ditinggal nyokap ke jakarta. Akhirnya nasi yang gw masak di ricecooker gw jadiin arem-arem, bandeng presto untuk makan si apin, dan mungkin nasib bayam itu akan menjadi pupuk kompos. Kata nyokap gw, gak boleh buang-buang makanan. di Indonesia, masih banyak rakyat yang kelaparan. (ude kaya aktivis LSM aja nyokap...) :))

well, itulah perenungan pagi hari ini. intinya, gw kangen ama nyokap. gw baru tau yang namanya cinta itu baru kerasa saat lagi gak ada.. dan gw akan memanfaatkan kesempatan ini supaya gw bisa lebih deket lagi sama bokap. Ya Allah..jagalah selalu orang tua ku, berikanlah mereka kesehatan, keselamatan, dan kebahagiaan.. berilah kesempatan kepada kami-anak2nya- untuk bisa membahagiakan orang tua kami saat mereka masih bisa merasakan dan sebelum semuanya terlambat..
-I love my mom!!-
-I love my dad!!-

No comments:

Post a Comment