Saturday 10 September 2011

Tanah Abang

Pas lagi mudik lebaran ke jakarta, Jakarta terasa begitu membahagiakannn... ga maceetttt, lenggang dan jakarta seperti terasa dekat antar tempatnya.
3 hari setelah lebaran disuruh ke satsiun tanah abang untuk beliin tiket kereta ekonomi sodara2 yang mau balik ke solo. haaddeeehhh..hidup 19 tahun di jakarta dan 5 tahun di solo belum pernah deh seumur-umur ke stasium tanah abang. lagi jauh2 amat pada beli di tanah abang, ya mungkin mereka mau berhemat karena yang bisa naik dari jatinegara cuma kereta bisnis.
Ok lah, dengan langkah gontai saya pun ke tanah abang. rencana mau naik kereta KRL tapi ada lagi jam 1 siang sementara waktu itu masih jam9. well, saya pun memutuskan naik metro mini sampai kp.melayu dan kemudian melanjutkan naik kopaja samapi satsiun tanah abang. tips: jangan lupa tanaya dulu ke abang kenek nya soal rute kalo mau naik angkutan umum yang belum pernah dinaiki sebelumnya.
Akhirnya saya pun sampai di stasiun tanah abang yang sangat beserjarah (lebay). selesai beli tiket mau langsung balik naik commuter biar bisa langsung turun di stasiun kecil buaran, deket komplek rumah. jadi tinggal jalan kaki uda sampe rumah. waa ternayata enaj juga ya. tapi waktu itu masih jam 11 dan kereta ada jam 13.30. well, demi naik commuter (belum pernah soalnya, haha :D) saya pun memutuskan untuk berjalan2 dulu2 ke taanh abang, itung2 bisa ke Blok A yang kata iklan uda modern.
dari stasiun ke pasar tanah abang lumayan jauh, 15 menit. dari hasil tanya2 ke orang2 saya pun dapet jalan pintas lewat gang2 kecil, yang betul2 sempit. rumah konratakan petakan yang berhadap-hadapan dan cuma bisa lewat 1 orang, cukup kumuh, dan sepi.. yang mungkin abis lebaran, jadi masih pada mudik yang punya rumah. akhirnya sampe juga di blok A, ada klenteng nya gede banget dan masih tutup sampai 3 hari lagi.. well, tapi tanah abang bener2 pasar Internasional linats negara. luasss banget. warung2 lapak tradisional yang isinya baju2 uda berjejeran.. lumayan bagus2. tapi saya hanya berjalan2.

Saya kurang tau apa perbedaan yang dirasakan pedagang dan masyarakat sekitar semenjak Tanah abang jadi modern, walaupun masih ada sisa2 pasar tradisional nya.. Kalo mau liat jakarta tempo2 dulu, coba muter2 di tanah abang terus ke menteng. hmm.. Jakarta.
Oya, yang saya perhatiakan di tanah abang adalah sepanjanag jalan pasti ada sate padang. saya gak tau kenapa tapi setiap meter pasti ada sate padang. gak percaya? cek it out. akhirnya saya pun beli dan makan disitu..well, ngerusak diet dan gimana gitu makan sendirian. tapi oke lah, sebenernya ada maksud lain kenapa beli sate padang, sekalian tanya abang nya jalan balik ke stasiunnn.. hahaaha :D :D
pas jalan balik ke stasiun, saya menemukan gerobak mie juhi dan asinan jakarta.
I'm so BLISSFUL. akhirnya ketemu juga sama gerobak mie juhiii..
penasaran rasanya apa waktu baca tabloid kuliner. terus kangen juga sama asisnan jakarta. (uda jarang banget lohh yang jual). akhirnya saya bungkus mie juhi dan asinan jakarta.
Ketemu juga stasiun nya, tapi masih jam 12.30. sholat dulu dan nunggu di stasiun. Well, kalo mau memperhatikan gejala sosial yang terjadi di masyarakat, berdiam dirilah di stasiun, 1-2 jam, karena di sana kita akan bertemu banayk orang, beragam aktivitas, perputaran ekonomi mikro, melihat hukum "jalanan", and so on.
ada anak kecil yang jual otak2, ada bapak2 yang berantem karena anaknya kesenggol, ada Ibu2 yang ribet banget bawa barang bawaan dan gendong anak, anak kecil yang lari ke sana kemari, pencopet yang ngelirik lirik calon mangsanya, tukang minta-minta dari yang lumpuh beneran sampai lumpuh dibuat-buat, dan nggak abis kalo disebutin satu per satu..
Yang pasti waktu di kereta saya menemukan fenomena unik. saat Ibu ini sibuk dengan anak2 nya dimana salah satu anak balita nya sepatunya lepas, maka sang ayah dengan sergap membenarkan sepatu anaknya. well.. itulah orang tua, berkoalborasi untuk mengurus anak. karena itu buka cuma tugas Ibu. selain itu, saya semakin yakin bahwa suami hebat bukanlah dia yang punya jabatan dan gaji yang banyak. tapi suami yang bisa jadi ayah yang baik dan perhatian untuk anak2 nya.
Tapi ya sudahlah, yang penting saya bisa bawa pulang Mie Juhi dan Asinan jakarta ke rumahhhh...yeeeeee p( ,")q p(", )q

No comments:

Post a Comment