Tuesday 26 February 2013

Bubur Ayam

Akhir-akhir ini kalo nonton TV di pagi hari dari acara musik sampai stasiun berita sering baget menghadirkan tukang bubur ayam Jakarta plus gerobaknya. Dari artis, rakyat, sampai pejabat makan bubur ayam yang dilihat masyarakat seluruh Indonesia.. Dan, saya sebagai bagian dari masyarakat yang menonton jadi kangen sama bubur ayam Jakarta yang hampir setiap hari lewat depan rumah waktu masih tinggal di Jakarta... :) Di solo, biasanya banyak yang jual sarapan pagi itu nasi liwet, sama seperti nasi uduk Jakarta tapi tidak pakai bihun dan krupuk melainkan pakai sayur jipan santan yang agak pedas dan suwiran ayam. Kalopun ada bubur ayam Jakarta banyak deket kampus yang jaraknya 40 menit dr rumah dan itupun cuma ada setiap pagi.

So, kalo ada kompor, panci, penggorengan, ga ada lagi alasan untuk cuma memikirkan bubur ayam kan... haha :D let's make it..

(Untuk 7 porsi)
Bahan Bubur:
-  Beras 2 gelas
-  air 10 gelas (kurang lebih)
- garam 2-3 sdm
- sereh 2 batang (digeprek)
- daun salam 2 lembar

Bahan kuah bubur ayam:
- 1 dada ayam (ayam kampung lebih baik, jika dengan ayam broiller, kulitnya jangan diikutkan)
- daun jeruk 2 lembar
- merica bubuk 1 sdt
- garam dan gula
Bumbu Dihaluskan:
- kunyit 3 cm dibakar
- kemiri 5 butir di sangrai
- ketumbar 2 sdt di sangrai
- bawang mearh 5
- bawang putih 3
- pala 1/2 butir haluskan
- minyak goreng untuk menumis
- air +/- 1,5 liter

Pelengkap:
- krupuk merah/putih (wajib)
- kecap
- sambal uleg
- daun bawang/seledri
- bawang goreng
- suwiran ayam goreng

Cara Membuat bubur:
- Semua direbus jadi satu, jangan lupa diaduk-aduk agar beras hancur dan tidak gosong bagian bawah, jika air / garam kurang bisa ditambahkan.. (-/+ 1 jam waktu pemasakan, dengan oanci presto lebih cepat matang)

Cara membuat kuah:
- ayam direbus dengn daun jeruk, garam, dan merica bubuk biarkan samapi mendidih dan kaldu nya keluar (minyak dari ayam). keluarkan ayam dan goreng kemudian disuwir2 untuk pelengkap.
- setelah bahan yang dihaluskan ditumis, masukan ke kaldu ayam dan biarkan sampai mendidih.

Nb:
- tips menumis bumbu, terus diaduk biar tidak gosong dan tambahkan air agar lebih tanak dan aroma keluar
- Rasanya gak bakal sama kaya di abang-abang tukang bubur, mungkin karena pure ga pakai rebusan kulit, tanpa msg ataupun kaldu blok. jadi kurang gurih gimana gitu..gpp yang penting sehat.
- pas dicoba kuah bubur ini bumbunya hampir sama seperti bumbu soto ayam.. hehe.. jadi kalau mau buat agak banyak gpp, untuk makan siang tinggal ditambahkan irisan kol dan soun, jadilan soto ayam untuk makan siang :D (hemat dan efektif..hehe)
- Yang pernah ke sunday morning UGM, akan banyak nemuin tenda warung makan yang lengkap banget menunya. ada opor, bubur ayam, soto, dll.. Jangan kaget kalo pas beli bubur ayam rasanya seperti bubur pakai kuah soto ditambah krupuk ^,^ saya baru menyadari setelah memasak bubur ini..hehe.. tapi kuah bubur yang saya buat Insyaallah lebih kental jadi masih agak layak jadi kuah bubur ayam.. hehehhe

Happy cooking ^,^




No comments:

Post a Comment