Saturday 22 December 2012

jamur 'super' :D crispy

it's really really crispy alias keras... hehe... tapi kok cepet banget abiss..
Tidak sulit untuk mendapatkan jamur tiram sekarang ini, mungkin karena sudah banyak yang membudidayakan apalagi dengan teknologi pangan yang semakin maju sehingga tidak terlalu sulit untuk memproduksi. Konsumen jamur tiram ini juga cukup banyak dan sekarang juga banyak restoran khusus pengolahan jamur yang cukup ramai dkunjungi. Untuk vegetarian, jamur ini bisa menjadi alternatif konsumsi ayam.. Dan untuk ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur, jamur bisa menjadi subsitusi pemenuhun vitamin dari sayur, anak-anak juga cukup suka karena tekstur jamur hampir sama seperti ayam. 

Menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian, kandungan gizi jamur tiram terdiri atas protein rata-rata sebanyak 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Bila diukur berat kering kandungan proteinnya 19-35%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, susu sapi 25.2%.
Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu (1)lisin (2) metionin (3) triptofan (4) threonin (5) valin (6) leusin (7) isoleusin (8) histidin dan (9)fenil alanin. 72% lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh, sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol maupun gangguan metabolism lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.
Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium dan Magnesium yang mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jamur tiram kandungannya lemah sehingga jamur aman dikosumsi setiap hari. (http://organikganesha.com/2009/10/05/kandungan-gizi-jamur-tiram-pangan-masa-depan-yang-lezat-dan-sehat-baik-untuk-anti-kolesterol-dan-anti-kanker/)


Dan yang paling penting harga jamur tiram ini tidak terlau mahallll.. hehe. 1kg berkisar Rp.10.000- 12.000. untuk 1 rumah yang isinya 4 orang, cukuplah beli 1/2 kg seharga Rp.5.000-6.000. dan itu bisa jadi banyak.  (Hemat ittu penting karena bagian dari pola hidup sehat. hehehe)

Karena ada 3 keponakan usia SD di rumah, akhirnya bikin jamur crispy tapi jangan sampe kaya yang dijual di luar, cepet lembek..karena jamur kan kandungan airnya cukup banyak. berhubung ada tepung tapioka, tepung beras, maizena, dan panko, maka percobaan dimulaii..

bahan:
1/2 kg jamr tiram utuh 
tepung tapioka 1 gelas kecil
tapung beras 1 gelas kecil
tepung maizena 1/2 gelas kecil
bawang putih 2 siung
garam secukupnya
kaldu bubuk (optional, ga pake lebih sehat)
air secukupnya
tepung panko 
minyak goreng

cara:
tepung  tapioka, tepung beras, dan tepung maizena dicampur jadi satu tambhkna bawng putih yang telah dihaluskan, garam, dan air sampai cair (agak kental).
celupkan jamur ke adonan tepung, kemudian ke tepun panko, celupkan ke adonan tepung lagi dan tepung panko lagi (2x)
lakukan sampai jamur habis kemudian goreng samapi coklat keemasan.

happy cooking ^_^ 
sebenarnya untuk bebrapa jam jamur crispy ini masih crispy (tidaklembek) tapi kayanya ga sampe setengah jam, uda habis duluan.. :D

No comments:

Post a Comment