Sunday 23 December 2012

Hari Ibu bagi saya itu..

Inilah yang membuat saya sekitar tahun 2008 (semester 5) memutuskan untuk membuat blog dan komitmen untuk rajin menulis. saat dimana saya membaca blog ibu-ibu hebat yang kreatif dan inovatif. Ibu-ibu itu memposting resep-resep, menuliskan tips2 dunia masakan, menceritakan pengasuhan anak, walaupun saat kita membaca terbayang kerepotannya, tapi tidak terbaca keluhan disana, melainkan pelajaran, yang tidak pernah kita dapat di bangku perkuliahan manapun. tanpa teori yang berbellit, tanpa kata-kata yang konstruktif, tanpa metodologi yang baku, semua mengalir, natural, dan rill. energi positif dari tulisan sederhana yang menular cepat, menghilangkan seketika segala resah dan merubahnya menjadi keoptimisan. Bahwa setiap hidup kita mempunyai cerita masing2, jalani saja, entah suka ataupun duka, semua pasti ada hikmahnya.

Bisa bayangkan, untuk masak aja itu sudah cukup repot, belum pekerjan rumah yang lain, cucian baju, cucian piring, menyapu, mengelap, dll.. waalupun ada yang membantu tetap aja repot juga. Tapii..masih sempatnya berbagi hikmah dengan memposting tulisan2 di blog. percayalah, itu butuh waktu dan tenaga juga ditengah lelahnya setelah berjibaku seharian.
Ibu-ibu itu, terlalu menginspirasi.. dan tak pernah ingin mata ini melewatkan 1 kata pun dalam tulisan-tulisannya.
 
Bagi saya... Setiap hari itu adalah hari Ibu untuk semua ibu hebat di seluruh dunia.
semoga menjadi amal jariyah para Ibu sebagai bekal di akhirat kelak..

merindukan seorang ibu blogger hebat di Ohio, USA yang tak lagi terdengar kabarnya.. masih tersimpan rapih messege2ny di email..semoga mba roro dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT.. quote nya yang masih ada di blognya sampai sekarang adalah "because share means care.."

dan hari ini saya belajar di rumah bu ariesta mikdar gunawan di Kuwait. dan menemukan resep cilok yang akan segera saya buat :)
jazakillah bu ita.. semoga segala kebaikan kembali kepada Ibu dan keluarga..
 
resep cilok bisa ditengok di sini:
 
Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
400 ml air mendidih atau santan encer panas
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang cincang halus
50 gr keju cheddar dipotong dadu kecil
2 buah sosis potong kecil-kecil

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:
1. CILOK: campur menjadi satu tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, daun bawang dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas sedikit-sedikit kedalamnya. Jangan semua air langsung dituangkan yaa...untuk jumlah air bisa kurang atau lebih tergantung daya serap tepung. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis, jika adonan sudah tidak lengket ditangan juga tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya.
2. Ambil sejumput adonan dan pipihkan, isi dengan keju cheddar atau sosis..bentuk bulat seukuran kelereng. Lakukan hingga adonan habis dipulung bulat, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan.
3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
5. Taruh cilok dalam wadah yang bersih, lalu tuangkan sambel kacang..aduk hingga cilok bercampur rata dengan sambel kacang. Tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas manisnya.
 
dn ini adalah cilok hasil eksperimen saya :D
 
lumayan enak, dan resep bumbu kacangnya nyaris mirip bumbu somay bandung ^.^v
 

No comments:

Post a Comment