Tuesday 4 December 2012

chocolate 'forest'


Kemarin sy liat youtube tentang pembuatan chocolate cake yg cukup bikin 'shock'. *hehe lebay. ya gimana ga aneh kan, jadi campuran tepung terigu, BP, cocoa powder dicampur susu UHT, minyak, dan 5 telur. setelah tercampur dan adonan agak2 padat, dimasukkanlah AIR PANAS mendidih yang cukup banyak sehingga menjadi 3 loyang. tapi jadi chocolate cake yang moist bangeettt.. lembut banget teksturnya.
 AIR PANAS sampe di capslock, karena saya taunya campuran adonan bolu itu kalo ga susu, air soda, atau santan. 
Namanya cuma liat youtube, akhirnya ya cuma ngeliat aja kannn.. efeknya otak berputar dan kaki bergegas ke dapur cek bahan, ada apa aja.. hehehe..alhamdullilah hampir lengkap, cuma kurang DCC dan cocoa powder..

Jam 7 malam meluncur ke toko bahan kue, dan akhirnya beli pasta beberapa warna gara2 keinget rainbow cake. Nyampe rumah tanya keponakan lagi, enaknya bikin chocolate cake atau rainbow cake ya?? dan ia pun menjawab, jangan plin plan dong.. hehehe *anak kelas 6 SD menyarankan agar orang dewasa itu punya sikap :D

Berdasarkan imaginasi tahapan resep  dan tanpa timbangan saya pun membuat chocolate cake yang berakhir harus dengan campuran air panas.

Bahan:
1 gelas tepung protein rendah
1/2 gelas maizena
1/2 gelas cocoa powder
1 sdt BPDA (Baking powder double acting)
1 sdt emulsifier
5 kuning telur
5 putih telur
garam 1 sdt
6 SDM gula rendah kalori tropican* slim
chocolate pasta 1 sdt
vanilla extract 1sdt
margarin 100 gr
minyak goreng 50 ml
DCC 50 gr (Coklat blok)
Susu Anlen* plain 3 sendok
1 SDM Gula rendah kalori
Air panas 3/4 gelas

cara:

  1. 5 kuning telur dikocok dengan kecepatan tinggi, tambahkan gula 1 SDM, dan emulsifier 1/4 sdt sampe berjejak. Di tempat yang terpisah, kocok putih telur, 5 SDM gula, emulsifier 1/4 sdt, garam 1 sdt dengan kecepatn tinggi sampai berjejak. Campur adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur aduk rata jangan lama2.
  2. diatasnya, ayak 1 gelas tepung protein rendah, 1/2 gelas maizena, 1/2 gelas cocoa powder, 1 sdt BPDA dan aduk rata2 dengan metode aduk lipat. gunakan solet dan tidak perlu dimikser.
  3. margarin 100 gr, minyak goreng 50 ml, dan DCC 50 gr yang telah dicairkan dan didinginkan dicampurkan ke adonan tepung dan telur.
  4. Susu Anlen* plain 3 sendok, 1 SDM Gula rendah kalori, di campur Air panas 3/4 gelas dan langsung tambhakan ke adonan diatas aduk sampai tercampur rata.
  5. terakhir, tambhakan chocolate pasta 1 sdt dan vanilla extract 1sdt
  6. masukan ke loyang yang telah dilapisi kertas roti, mentega, dan terigu
  7. Panggan dalam oven yang telah dipanaskan sekitar 30-40 menit. lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan.
  8. Tinggal dihias dengan kreativitas dan bahan yang tersedia. heheh..,  bisa dengan lapisan coklat dari coklat blok yang dilelehkan dan taruh ceri atau chocochips..
ps: kata keponakan saya jadinya kaya brownies kukus (padahal di oven..hehe)

Happy cooking :)

*Karena berkata itu terkadang lebih baik dengan kata kerja, maka saya membuatkan cake ini untuk yang hari lahirnya 3 Desember..(tapi cuma liat fotonya aja ya jadinya :D) heheh.. Yang penting, Selamat hari lahiirrr.. semoga disisa umur yg semakin berkurang bisa semakin bermanfaat untuk manusia dan untuk bumi sebagai bekal di akhirat kelak. Selamat berjuang, semoga tercapai semua cita... Yakinlah, semesta mendukung! ^,^


No comments:

Post a Comment